Helm, Ga Cuma Asal Pake


Ketika di jalan, sering sekali saya menemui kawan kawan kita yang bersepeda motor kurang menghargai nyawanya sendiri dari mulai hal sepele seperti tidak mengeklik pengunci helm yang ada hingga yang paling parah ada yang berani tidak menggunakan helm sekalipun. Ga hanya pengendaranya, boncengernya juga ga mau kalah ikut-ikutan (kalau yang ini, paling sering ditemui adalah para muda mudi yang mesra-mesraan di jalan :lol). Dari hasil ngematke, ternyata ga cuma helm yang 25ribuan aja loh yang ga diklik, helm diatas 100ribu-pun (yang bagusan daripada yang 25ribuan) buaaanyak yang ga diklik. Ini menunjukkan bahwa kesalahan yang diperbuat ga dipengaruhi oleh kualitas & gengsi dari helm itu sendiri tapi pemakainya!

Salah Satu Contohnya

Mungkin perlu disosialisasikan lebih gencar lagi kali ya bahwa kendaraan bermotor khususnya roda dua adalah mesin pembunuh paling mematikan. Lalu mengapa harus dipastikan klik? Mari kita berpikiran maju ke depan (step ahead), andaikata terjadi kecelakaan misal diserempet mobil dan kita terjatuh, tentunya yang menjadi pengaman kepala kita satu-satunya ialah helm. Betul?

Binggo :mrgreen:

Nah Sekarang kita tinjau deh helm sebagai suatu sistem pelindung kepala. Sistem sendiri merupakan suatu kesatuan komponen-komponen yang saling terhubung dakan satu batasan tertentu untuk mencapai tujuan. Komponen dari helm sendiri ada shell (batok), visor (kaca helm), tali helm, pengunci, dll. Batasannya? tentu hanya kepala, sedangkan tujuannya jelas, melindungi kepala. Apabila ada satu komponen yang tidak berfungsi semestinya pastilah dampaknya sistemik. Ini skemanya :


Skema Pentingnya Mengeklik Pengunci Helm

Selain klik, ada juga yang harus diperhatikan yaitu visor. Mengapa? karena visor inilah yang melindungi mata kita selama berkendara. Bisa dibayangkan dong kalau pandangan kita terganggu, tentunya juga akan mengganggu berkendara kita. Ini juga merupakan suatu sistem (halah ๐Ÿ˜† )

Pastikan Visor yang digunakan dalam keadaan baik mempermudah kita memandang segala arah (kecuali belakang ya :D), serta sesuaikan jenis visor dengan kemampuan mata kita serta keadaan. Apabila sering bepergian malam hendaknya menggunakan visor bening atau kuning transparan, apabilaย  sering bepergian siang hari bisa menggunakan visor rainbow bagi yang merasa sinar matahari cukup mengganggu. Paling enak sih pake yang all around, transparan :).

Tidak ada visor? No problemo, ada kacamata yang siap melindungi mata kita selama nyaman digunakan. Jangan sampai seperti bapak di bawah ini, kasihan matanya (bayangkan bila bapak ini terpaksa harus memacu sepeda motornya guna melewati truk gandeng misalnya, tentunya bikin merem melek mata menahan terpaan angin bercampur debu dan asap knalpot ๐Ÿ˜ฆ )


Tidak Bervisor Vs Dual Visor ๐Ÿ˜†

Well sepertinya 2 hal diatas cukup untuk menyadarkan kita bahwa menggunakan helm tidak asal pakai saja. Masih ada hal lain yang perlu kita cermati ketika menggunakan helm meskipun hal tersebut sepele. Waspadalah waspadalah ๐Ÿ˜€


Bikers Of The Day

Jadilah bikers seperti diatas yang sayang kepalanya, sayang nyawanya, sayang keluarganya, sayang semua ๐Ÿ˜†

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

16 thoughts on “Helm, Ga Cuma Asal Pake”

  1. kamerane apik ndaa :mrgreen:
    crita dikit ah..
    Bbrapa wktu lalu istri temen saya mninggal gara2 helmnya ga diklik
    critanya, dia dtabrak, trus jatoh, nah trjadilah 2x bnturan kepala vs aspal
    pertama, msh terlindung helm,tp helm mental gara2 impact yg keras n lepas gara2 ga diklik
    benturan kedua, kepala belakang. N langsung menyerang otak kecil. Lgsg R.I.P
    emg spele sih, tp akibatx gt lho.. Hii amit2 ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

  2. berbagi cerita.. tetangga saya mengalami nasib agak mengenaskan karena nggak mengeklik helm. dia kecelakaan dan helmnya terpental. Meski selamat, akibatnya cukup fatal. Tulang lehernya patah dan sarafnya ada yang terjepit. Dari leher ke bawah lumpuh total. cukup menyedihkan padahal masih kelas 3 SMA ๐Ÿ˜ฆ

    salam kenal Mas Dipo ๐Ÿ™‚

    Suka

    1. well, kayanya kampanye menggunakan helm secara benar perlu digairahkan lagi. ga cuma sebatas baliho2 besar, atau iklan layanan masyarakat di media saja, kita pun harus turun tangan. itung itung beramal :D.

      salam kenal juga mas ardhi ๐Ÿ™‚

      Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s