Dukung klikbyar tapi kok ….


Terhitung sejak bulan oktober 2010, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) meluncurkan program KLIKBYAR. Program KLIK BYAR adalah program menyalakan lampu utama pada siang hari dengan cara cukup mengontak kunci starter motor.

Program ini diluncurkan guna menggiatkan kembali program light on sesuai dengan UULLAJ No 22 tahun 2009 pada pasal pasal 107 ayat (2) yang berbunyi “Pengendara sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana menyalakan lampu utama pada malam hari, wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. “

Tujuannya jelas, agar angka kecelakaan yang kian tinggi.  kok bisa? lha ya bisa to, dengan adanya lampu yang menyala otomatis pengendara pengendara lainnya (baik sepeda motor, mobil, bus, dll) menjadi lebih waspada. Adapun modifikasi penambahan saklar untuk menghidupkan lampu secara otomatis ketika kontak dihidupkan tidak dibebankan biaya kepada pengguna sepeda motor yamaha tipe apapun. Sayangnya program ini hanya berlaku di wilayah jakarta saja, mungkin sebagai bahan uji kali ya sebelum diterapkan di daerah lain :mrgreen:

Tapiiii… ketika saya iseng melihat sekaligus mencoba new jupiter mx yang dilaunch di Yogyakarta, 22 januari 2011 kemarin, ada satu hal yang membuat saya kurang sreg. yaitu :

kaca lampu sein & rem (kiri New Jupiter MX, kanan NewJupiter Z )

Perhatikan buritan dari 2 motor berbeda harga diatas :D. Dari segi tampilan sih ok ok aja, tambah sporty kalau kebanyakan orang bilang. Tapi kalau ditinjau dari segi safety apakah cukup safety digunakan bagi orang orang yang tinggal di daerah perbukitan, mengingat seringnya kabut turun sehingga jarak pandang berkurang. Pastinya pihak RnD telah matang matang memikirkan hal kecil seperti ini dan dampaknya sebelum merilis produk baru dari New Jupiter Mx. Tapi dari saya sendiri lebih suka tampilan clear lens seperti New Jupiter Z, karena begitu lampu rem maupun sein dihidupkan, warna yang dikeluarkan lebih jelas.

Apakah kejadian kaca lampu Vega ZR akan terulang oleh YMKI dengan merevisi tampilan kaca lampu sen dan rem  New Jupiter Mx? kita lihat saja :mrgreen:

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

7 thoughts on “Dukung klikbyar tapi kok ….”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s