Lebih baik cari yang baru aja SIS..


Seperti yang kita tahu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merupakan ATPM Suzuki baik motor maupun mobil. Di pasar sepeda motor indonesia, SIS banyak meluncurkan produk produk inovatif mulai dari cub (bebek), matic, hingga sport. Sayangnya penjualan produk produk tersebut cenderung melempem dibandingkan kompetitornya sebut saja Honda dan Yamaha, padahal ketiganya telah bermain di pasar Indonesia lebih dari 3 dekade. wooow..

Motor motor dari Suzuki Indomobil Sales

Dari yang saya amati, baru suzuki satria FU saja yang manjadi motor favorit dari masyarakat khususnya anak muda. Lha motor cabe rawit, kecil kecil tenaganya bengis :mrgreen:. Meskipun banyak juga yang memakai bebek, matic, dan sport dari SIS walau keberadaannya masih kalah dengan pabrikan yang lain.

Kebanyakan, faktor yang membuat para calon konsumen sepeda motor enggan untuk meminang Suzuki yaitu mahalnya harga sparepart.  Saya pun juga sempat mengeluh ketika masih memiliki shogun kebo ungu ketika panel kanan yang ada engine stopnya rusak. Bayangpun, panel kanan saja dihargai 120rb pada saat itu (1998). Meskipun  kini hal tersebut kemudian ditepis oleh SIS dengan mengeluarkan Suzuki Titan.

https://i2.wp.com/motorbike-search-engine.co.uk/2011-Motorcycles/11_dr125sm_wht_angle.jpg

Ini baru supermoto, supermoto kok pake velg ukuran mio 😀

Yayaya.. mungkin lebih baik bila SIS memikirkan motor apa yang pantas dijadikan flagship untuk mempopulerkan brand Suzuki. Kalau pemikiran saya sih lebih baik meluncurkan suzuki DR125 maupun DR125 SM, alasannya simple kini bbm  makin mahal (bahkan ada rencana pengurangan subsisdi bbm loh :(), jalanan makin macet, dan orang butuh motor yang murah tapi bukan murahan. Cocok deh dengan DR125 maupun DR125 SM, dengan catatan alangkah lebih baik dengan melakukan downgrade dari injeksi menjadi karburator seperti halnya ninja 250R guna menyesuaikan kualitas bbm Indonesia dan tentunya membuat harga jual makin kompetitif 😀

Bila diluncurkan, pasti deh pasar trail dan supermoto yang kini dominan dikuasai kawasaki lama kelamaan akan beralih ke Suzuki seperti yang pernah dirasakan sebelumnya dengan TS125nya. Meski pasarnya segmented bagi segelintir orang saja (hobby) tapi bisa jadi berkembang menjadi motor commuter bila irit :D.

Iklan

10 responses to “Lebih baik cari yang baru aja SIS..

  1. Ngimpi kalo ngarepin SIS membuat gebrakan yg rada ekstrim seperti ngeluarin supermoto. Lha, FXR 150 yg marketnya lbh realistis dan memiliki peluang sukses sangat besar aja kaga ada tanda2 sama sekali akan di-reborn dlm waktu dekat. Apalagi ngarepin yg model supermoto atau GW 250. Why of life Suzuki…?

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s