Fino/fiore? Mari berspekulasi kalo dipasarkan ke indonesia :D


gini om-tante-mas-mbak, beberapa minggu yang lalu saya sempet lihat penampakan matic warna biru baru khas scoopy tapi lampu remnya led dan knalpotnya semok kaya mio. Pikir saya sih ah paling cuma scoopy yang diganti lampu belakang dan kenalpotnya. Eeee lahdalah pas dilihat dari samping kok ramping bener ya, beda banget dengan si jambon milik adik saya yang super semok lemu (gemuk :mrgreen:). Karena saking penasarannya akhirnya saya jalan lebih cepat di depannya, dan ketika saya lihat kaca spion alamak… ini mah fino. kalo dilihat dari bodinya yang bersih dari striping sih kayanya keluaran tahun 2010 (bukan versi 2011).

https://i1.wp.com/www.reviews66.com/wp-content/uploads/2011/02/yamaha-fino-different-colour-view-2.jpg

Nah plek ngeplek kaya gini :mrgreen:

Dalam hati sih udah kepikiran, masa sih YMKI mau jualan fino yang jelas jelas saingan beratnya honda scoopy, benson like, suzuki jelato, dll? Begitu lihat nopolnya yang masih bertuliskan “TEST” timbul deh yang namanya spekulasi, ni motor beli CBU atau memang unit test fino milik YMKI guna survei kondisi jalan di indonesia? Kalaupun CBU, mungkin mungkin aja soalnya di jogja sendiri ada 1 dealer spesialis motor-motor CBU alias impor. Tapi kalau milik YMKI yang juga impor beberapa unit untuk ditest, bisa jadi juga. Lha antara fino dan fiore kan masih satu platform, ibaratnya ganti baju gitu :D.

Kalau bicara peluang sih, baik fino maupun fiore sama sama memiliki kesempatan buat berenang (masuk) dalam persaingan red ocean strategy dimana honda scoopy yang dahulu memulai karirnya dalam penjualan motor nasional telah sukses memikat hati para remaja baik cewek maupun cowok. Untuk dapat menentukan produk mana yang bakal laris antara fino atau fiore, diperlukan satu survey yang dapat menampung sebagian aspirasi masyarakat, khususnya yamaholigan :mrgreen:. Jadi ya harus siap siap dari sekarang gimana cara merebut para calon konsumen scoopy yang luar biasa banyaknya.

https://i2.wp.com/www.fillingbike.com/ckfinder/userfiles/images/app/Sachs%20Bike/yamaha/fiore/PR%20Shot%20Group%204x6%20copy.JPG

Pilih yang mana? super junior atau 2NE1? :mrgreen:

Nah kalo berkaca dari negeri siam, baik fiore maupun fino memiliki satu kesamaan dalam melakukan promosi. Ibaratnya sih langsung tembak di tempat, maksudnya yamaha langsung menembak calon konsumen milik honda scoopy-i dengan mencekoki bintang-bintang k-pop sebagai maskot ikon dari kedua produk itu sendiri. Untuk fino diwakili Super Junior, sedangkan Fiore diwakili 2NE1.Yah seperti yang kita tahu, beberapa tahun terakhir demam k-pop memang merajalela hampir di seluruh dunia. Termasuk saya yang kebetulan rada suka SNSD. wkwkwkwkwk πŸ˜† :mrgreen:

Tidak berbeda jauh dengan di thailand, pasar untuk skuter matic sangatlah besuaaaaaaaar. Inget, indonesia sebagai negara dengan populasi manusia terpadat ke 4 se dunia. Jadi bukan karena lebay saya bicara seperti diatas, lha wong kenyataanya kaya gitu. Dan preferensi konsumen dalam membeli motor juga hampir mirip dengan orang thailand (sama-sama dari asia kali ya), pasti bakal keracunan (kecekoki, opo yo bahasane? :D) beli satu produk kalau ada ikon yang memang menarik kita. contoh yang paling sederhana : inget iklan supra xx/ v yang ada kadirnya? “kopling tanpa kopling, yang penting supra takye :lol:”. Sampai sekarang saya masih hafal logat + jargonnya kadir tersebut, dan juga motornya.

Yunomisowel & gak gakΒ  gak kuat πŸ˜†

Kembali ke pasar indonesia, kalau misalnya fino dan fiore di luncurkan bareng alias mengekspansi pasar matic retro di indonesia. Bukan ga mungkin kalau YMKI bakal ngikut Yamaha thailand dengan memasang SM*SH sebagai ikon fino dan 7icon sebagai ikon fiore. Lha kebanyakan (atau lebih tepatnya luar biasa banyak) anak muda indonesia suka dengan k-pop lokal. Bisa dibayangin kalau nanti tiba tiba iklan TV (TVC) yamaha fiore maupun fino diisi dengan nyanyian plus goyang joget senam gerakan enerjik yang tentunya sangat ditunggu tunggu para fans smash maupun 7icon.

Kalo vierra bilang sih ” aku kan bertahan meski takkan mungkin …..” (terus2an di atas)

Nah kalo kaya gitu gimana nasib si jambon ya alias scoopy? tentunya dengan modal 3S yang kuat dan ikon yang tepat harusnya sih bisa tetep jadi pemenang dari persaingan sengit matic retro di indonesia ke depannya . who knows πŸ˜€

cekidot official clip video fiore :

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

32 thoughts on “Fino/fiore? Mari berspekulasi kalo dipasarkan ke indonesia :D”

  1. personil 2NE1 cakep juga yang rambutnya item.. :mrgreen:

    *eh ini lagi bahas fiore apa 2NE1 yang mo masuk ke Indonesia? 😳

    Suka

  2. kayaknya susah bro kalau mau ngelawan scoopy.
    modale opo?
    dari desain, fitur dan teknologi kedua produk itu udah kalah dari scoopy.

    Suka

    1. sama2 pemain lama πŸ˜€ xixixi
      kalo desain sih subjektif banget. ada yang suka gambot ada yang suka ramping. fiturnya ga beda jauh. teknologi juga sami mawon, sama2 pake 2 klep, pendingin udara, karbu, 4 tak πŸ˜†
      saya rasa sih yang paling cocok dateng kesini si fino πŸ˜€

      Suka

    2. Teknologi opo to. Fitur maksudnya… Kalo bicara teknologi motor tu mestinya mesinnya kale… Kalo soal fitur smua motor kalah ama TVS Rock yang bisa nyanyi itu xixixi…..

      Suka

  3. yep..yep…susah dhe kalo mau ngelawan scoopy..
    secara thu fino/fiore desain nya kalah sama scoopy..fitur dan mesin-mesin nya juga…

    Suka

  4. emang yamaha brani brojolin fiore atau fino di indonesia? yg jelas, dah kalah selangkah ma honda dg scoopy nya. retro tp ga jadul. disitu letak kerennya. dan ternyata yg pake scoopy ga cuma anak muda. bapak2 atau ibu2 juga bnyk yg pake

    Suka

  5. Agak telat kalo YMKI mau ngeluarin Fiore atau Fino. Lagian juga udah kemakan omongannya sendiri sewaktu launching Xeon, Petinggi YMKI mengatakan “YMKI tidak akan memasukkan Yamaha Fino, karena skutik retro itu ngetrend 2-3 tahun silam dan sudah ketinggalan”.

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s