Horotoyoh, Malpraktek yang merugikan konsumen!


Jumat (7/10) saya mengandangkan cireng ke salah satu authorized dealer & service point Bajaj yang ada di Jogja. 3 tahun lebih 3 bulan sudah saya menyemplak pulsar 200, suara ala mesin jahit, susah netral, dan kehilangan tenaga saat berakselerasi menjadi keluhan saya saat mengantarkan cireng ke beres tersebut. Akhirnya di kontrak servis, saya mengiyakan ritual servis gede dimana membersihkan kerak2 yang nempel di dalem mesin sekaligus ganti kampas kopling, rantai keteng, lidah tensioner, dan tentunya oli enduro 4T nonracing :D.

Nah saat datang ke beres tersebut, dilalahnya ada 1 motor biru yang saya kenal betul. Dan saya lihat di samping pit, tergeletak sebongkah mesin pulsar yang tekrkenal dengan suara swing swingnya. Dalam pikiran saya, “ah mungkin lagi servis gede juga kali”. Sempet juga nanya ke mbak2 CSnya, ternyata beliau kurang tahu dan menyuruh saya tanya ke mekaniknya langsung. Sayangnya, saat itu mekaniknya sedang istirahat. Alhasil jadi ga bisa tahu masalahnya dah.

Sengaja diblabur, menjaga privasi πŸ˜€

Kemudian saya sempatΒ berstatus di salahsatu grup yang ada dalam pesbuk, menanyakan kondisi motor dia. Dilalahnya jawaban yang dia beri membuat mata saya terbelalak, berikut jawabannya

huks….tempat di saluran buang oli pecah!!
mana sbelumnya ada baut nyasar di dalamnya,kliatan di saluran buang..klo pecahnya spertinya krna salah satu mekanik pas nutup baut oli netes terus akhirnya di pinggirannya di ganjel pake plat bekas plat nomor…trus dipaksa akhirnya retak n pecah!!!duuh….niatnya baik tapi caranya gak tau deh…kjadian hari rabu sore mau tutup

lanjut, yang lebih kaget lagi :

sayang aku bukan servis besar, tapi pecah blok… pdahal karna kesalahan mekanik,eh aku juga nanggung smua las blok, servis besar..habis 600

Nahlooooo, kesalahan ada di pihak beres (dalam hal ini mekanik) kok ya yang disuruh nanggung si konsumen. Kalo patungan 50:50 gitu mah masih bisa ditolerir, lha kalo kaya gini caranya bukannya malah nodong terang terangan ke konsumen. Halooooooooo BAI, eksistensi dan reputasi sangat erat kaitannya dengan yang namanya kualitas lhoooooooo. bukan hanya produk yang harus dijaga kualitasnya, tapi juga service (jasa)nya!

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

52 thoughts on “Horotoyoh, Malpraktek yang merugikan konsumen!”

  1. harusny jangan mau disuruh byar lagi, terutama las2san… trus minta kompensasi kek misal biaya servis besar dikurangi ataw apalah… oli bocor sih harusnya pake seal tape buat pralon klw pertolongan pertama, atau bisa jiga pake seperti lem karet yg buat gasket itu yg tahan panas, mekaniknya sih emang BEGO…

    Suka

    1. janjane pulsar = motor paling affordable + superb di kelasnya, cuma kalo bicara aftersales ya masih kurang lah. maklum baru 5 taun maenan dimari. lebih condong suka ke cara tvs memasarkan produknya, lha selain fitur juga aftersales TVS cukup wah πŸ™‚

      Suka

  2. hihihi ^^
    kmaren tuh blok bawah retak pecah karna saluran buang olinya kmaren dipaksain pake pelat seng bekas plat nomor untuk ganjel….karna tuh oli netes terus, begitu dicobain pake plat jadi retak n pecah….nampaknya ketebalan -_-;
    udah pake selotip putih buat drat keran juga spertinya…..
    niatnya baik sih kmaren mekaniknya..cuma ternyata platnya kyaknya ketebalan n diganjel supaya dratnya nutup sempurna ternyata salah perhitungan -_-;

    Suka

    1. ya dikerjain sebisa mungkin ama mekanik kepercayaan tapi yaaah…kemampuan orang ada batasnya, hasil masih ngorok tapi gak separah pas trouble pertama kali dengan ngorbanin turun kompresi, sampe ganjel kertas khusus 0,8+0,8mm…. jadinya ngempos -__-;;, bagian blok bawah tempat keluarin oli masih netes teruus…kmaren gak nyadar aku cek ternyata udah netes sampe nyisain dibawah minimal…untung gak kenapa2 n segera aku ganti n tambah olinya lagi.., kayaknya ini karna hasil las-lasan nya gak rapih, pdahal biar mampat ya seharusnya rapi rata mulus seperti sedia kala….
      soal biaya ya masih seperti itu, hanya menanyakan total biaya yang aku keluarkan untuk service, blum ada kelanjutan kejelasan…..

      Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s