Kawasaki ER6N, Moge street legal 100 jutaan


Warna yang ciamik membuat tampilan makin garang 🙄

Akhirnya dadang juga….. untuk kedua kalinya Kawasaki Motor Indonesia kembali menghebohkan jagad permotoran kelas elit, setelah meluncurkan supersport 4 silinder Ninja Zx 6R beberapa waktu lalu. Seperti yang santer digosipkan di awal tahun ini, setelah ada sesi test drive sembunyi2 di sentul, kini KMI memperkenalkan moge naked bike 650cc 2 silinder yang tentunya nonbodong alias resmi (full paper) :mrgreen:.

Keren ya, dashboard ditaro diatas stang 😀

Dibandrol dengan harga 2x ninja 250, yaitu 103,5 juta untuk wilayah jogja, ER6N versi terbaru (2012) menawarkan sensasi riding diatas moge yang tentunya memiliki beberapa kelebihan dibanding ninja 250. Sebut saja monoshock nyleneh bin wangun yang terletak di atas crankcase kanan, Rangka & swing arm tubular bin sangar, serta bentuk bodi keseluruhan yang mencerminkan agressive styling. Tentunya dari beberapa kelebihan diatas, bakal sering dilirik para pengguna jalan raya. Siap2 kegantengan anda naik 60 % bila menaiki motor ini (dengan catatan kinclong) 😀

Performa mesin 2 silinder 650 ccnya adalah sangat cukup untuk membelah jalanan di perkotaan maupun luar kota. Jenis stang yang digunakan bukanlah stang paten bin jepit seperti halnya ninja 250, akan tetapi jenis batangan (bar) seperti halnya motor motor laki lainnya. Pastinya bakal rileks alias anti kemeng kalau dibawa di macet2an maupun jarak jauh. Sayangnya ada larangan buat duduk diatas ER6N yang dipajang di ambarukmo plaza, jadi ga tau deh ergonomi menaiki moge 103,5 juta :(.

Ada yang tau maksud bentuk header kaya gini?

Apabila ada yang bertanya tanya mana silencernya? Tuh di bawah mesin :D. Knalpot yang terletak di tengah2 motor atau yang sering disebut Midship muffler disinyalir dapat meningkatkan kestabilan saat berkendara karena proporsi bobot kendaraan kini terkonsentrasi di tengah. Duke 125/200, ktm rc8, dan byson juga menggunakan knalpot seperti ini, namun khusus untuk byson bisa dibilang semi Midship muffler, lha wong letaknya di pinggir.

Nah yang nyleneh bentuk leher (pipa/header) dari motor ini yang kalo diliat liat malah kaya ngulo (ular). Mbuh tujuannya buat apa, saya kurang tahu. Nanti kalau saya ketemu desainer mesinnya saya tanyakan :mrgreen:. Tapi dari referensi yang saya baca, seharusnya lekukan-lekukan pada pipa harus diminimalkan sehingga aliran gas buang lancar dan tentunya dapat meningkatkan power maupun torsi dari motor. Mungkin buat “ngerem” tenaga kali ya biar ga terlalu ngibrit sekaligus untuk efisiensi bahan bakar tanpa timbal :mrgreen:.

Obat ganteng, yang ganteng makin guanteng :mrgreen:

Oiya, yang menarik permainan cover shock yang sekilas menyatu dengan cover headlamp membuat tampilan semakin kekar. Perlu diketahui bahwa diameter shock depan mirip dengan byson! Pada awalnya saya kira menganut aliran upsidedown, ternyata masih teleskopik dengan diameter batang shock sebesar 41mm. Manchap :mrgreen:

Kembarannya yang berfairing (ninja 650 R)

Bagi yang kurang begitu suka Naked bike, silahkan menambahkan uang 5 juta (108,5 juta) untuk memboyong saudara kembar dari ER6N yaitu ninja 650 R. Tentu, embel2 ninja selalu melekat pada motor kawasaki berfairing. Dengan spesifikasi tidak jauh berbeda dengan ER6N, Ninja 650 cocok untuk anda yang doyan ngebut di sirkuit maupun untuk showoff di jalan raya.

Untuk spesifikasi dari ER6N monggo diliat di gambar berikut :

——————[OOT]——————

Kalo diliat liat, klaksonnya kaya ninja 250. mono & mini :mrgreen:

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

20 thoughts on “Kawasaki ER6N, Moge street legal 100 jutaan”

  1. bentuk leher yg ngular IMHO utk mendapatkan panjang yg ideal. kalo leher pendek tenaga membludak tapi putaran atas kedodoran. jadi dibuat supaya power maknyus tapi ga kedodoran di putaran atas

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s