Ganti aki cireng :)


Dibilang moge wannabe, penyakitnya juga mirip2 moge lo. AKI :mrgreen:

3 tahun 5 bulan sudah aki merk exide tipe freedom yang merupakan aki bawaan cireng menjadi tulang punggung kelistrikan cireng. Di awal januari aki yang berjenis maintenance free (MF) koit alias mokad atau bahasa gaulnya modar :mrgreen:. Sejak desember 2011 lalu, pertanda harus mengganti aki sudah terasa semenjak tiap starter cireng pasti kadang bisa kadang enggak. Terkadang juga muncul bebunyian aneh dari bendik (relay) starter cireng, mak neeet neeet.

Akhirnya, di saat saya sedang akan berangkat ke kampus untuk mengikuti ujian akhir semester minggu ke 2, Β aki cireng ga sanggup menggerakkan dinamo starter. Meskipun sudah dicoba berkali kali dengan cara starter dorong ala motoGP tetep ga bisa hidup 😦 (maklum ga ada kick starter, jadi pantes lah kalo ada yang bilang moge wannabe πŸ˜† ). Untung saat itu ada motor orang tua yang sedang tidak dipakai, selamat dah πŸ˜€

Aki cireng yang telah mokad 😦

Sepulang ujian, saya menyempatkan diri mengecek aki asli india tersebut. dan eng ing eng. hasilnya cukup membuat saya takjub (lebay), tercatat voltase hanya 11,86 Volt. Padahal menurut mekanik yang kebetulan ada di friendlist saya (mas nanang) menuturkan bahwa kelistrikan pulsar seharusnya disokong dengan teganganΒ 12,8-13,2 V dan masa pakai aki tersebut maksimal adalah 2 tahun. Jadi lumayan sakti juga ya aki cireng :mrgreen:.

Cara bawa aki yang benar, ndak boleh ditaro di dek matic. katanya sih bikin cepet aki mandul πŸ˜€

Di hari berikutya, kebetulan teman saya kentas yang asli solo namun sedang merantau di jogja dalam rangka mengenyam kuliah maen ke rumah saya untuk curhatΒ  bertukar pikiran mengenai dunia permotoran. Berhubung ada kentas yang kebetulan menggunakan pzoo monoshock :mrgreen:, saya minta izin beliau untuk mencoba aki yang ada di motornya untuk dicoba di cireng. Ealah dilalahe akinya juga baru ganti beberapa bulan lalu. Begitu dicoba langsung maknyus cireng, berarti memang penyebab utama cireng koid adalah aki yang soak. Mirip kan sama moge2 yang kebanyakan bermasalah dengan aki :mrgreen:

Sempat saya menduga relay starter yang rusak, oleh sebab itu dengan bantuan kentas saya dibantu diantarkan ke beres joker yang ada di condongcatur untuk membeli relay starter kotak seharga 30ribu. Ga rugi juga sih beli ini, meskipun jelas aki penyebab utamanya, lumayan lah bisa jadi serep :mrgreen:

Toko Denso, toko aki recommended dah pokoe se jogja πŸ˜€

Keesokan harinya saya menyambangi toko aki yang dilalahe langganan bapak saya ketika membeli aki untuk mobilnya sejak dahulu sampai sekarang yaitu toko DENSO. Pertamanya saya pikir tempat jualan AC mobil lha wong sama namanya sama AC-AC yang ada di bis :mrgreen:. Dengan menggunakan karisma X tromol, saya membawa aki cireng ke arah barat tugu jogja. Setelah sampai saya langsung disambut hangat oleh karyawatinya, berikut percakapannya :

A : saya B : Mbaknya

B : ada yang bisa saya bantu mas?

A : begini mbak, saya mau cari aki seperti ini. (sambil menaruh aki di atas meja)

B : oh buat pulsar ya?

A : loh kok tau?

B : kemarin ada beberapa orang yang bawa aki seperti ini kesini, dan warnanya unik dibanding aki aki yang ada di pasaran (karena oren kali ya :mrgreen). Β Adanya GS premium mas dengan harga 165 ribu rupiah

A : bisa saya lihat mbak ? (sambil ngeliat seisi toko yang dipenuhi berbagai merk aki termasuk magneti marelli yang biasa jadi aki bawaan ducati dan ferrari :mrgreen:)

B : Ini mas akinya, nanti ditunggu 5 jam ya biar akinya penuh terisi

Biarpun keliatannya elit, harganya lebih murah lo dibanding toko lain πŸ˜€

Servicenya mantab,free pengecekan aki (biasanya dikenai harga 25ribu :D)

Dan tanpa was wes wos, langsung saya bayar aki tersebut meskipun jenisnya bukan MF. Tapi ada kelebihan menggunakan aki basah ini, yaitu kita jadi sering ngecek keadaan aki sekaligus motor kita sebelum bepergian baik dekat maupun jauh. Ya paling tidak dalam seminggu saya 2x mengecek kondisi aki.

GS premium 12N9 plus bendik starter baru sukses gantiin yang lama πŸ˜€

Sempet tertarik untuk mengganti aki dengan ampere yang lebih besar seperti milik binter merzy atau vespa. Meskipun lebih murah (140 ribu), sayangnya harus merombak pengait tutup aki karena dimensinya yang lebih tebal (panjang dan lebar sama dengan aki cireng) dan kutub positif dan negatifnya terbalik. Akhirnya saya mantab pake b memboyong aki GS premium 12 N 9 yang plug n play untuk dipasang di pulsar. Hore πŸ˜€

#kenapa banyak kata moge wannabe? karena jujur saya terharu baru kali ini ada orang yang bilang pulsar 200 saya seperti moge. Tapi harus saya akui memang bener bener moge, selain beratnya yang naudzubilah, nihilnya kickstarter juga memperkuat moge wannabe :mrgreen:. Bagi yang tersungging ninja 250nya terekspose kamera saya maupun yang doyan ngegaya thailand, monggo pindah aja ke thailand :mrgreen:.

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

40 thoughts on “Ganti aki cireng :)”

    1. harusnya sih ga ada efeknya, cuma karena pengisian pulsar 9 ampere per 10 jam, sedangkan aki yang dipasang lebih besar amperenya berarti kan ada kemusproan :mrgreen:, artinya ga secara optimal ngisi akinya. Tentunya daya tahan aki yang ga diisi secara optimal bakal ngurangin umur akinya secara ga langsung. IMHO

      Suka

  1. oh aseline MF tho, lha P220 kok aki basah ya… podo merk tampang plek akine
    ————————————–
    kalo dijejerin sama P220, P200 memang lebih gambhot, lebih enak dilihatlah menurutku, tangki P220 kecil sepertinya sama ma P180. yah harganya aja beda hampir 2 juta.. larinya sama aja, nyamannya podo ae, abwote emang nggilani… πŸ˜€

    Suka

    1. suwun masukannya om :D, tapi setahu saya sama aja pengisiannya baik untuk aki kering, basah, maupun mf. lha terus kalo beda ngapain GS ngeluarin tipe MF yang secara spek mirip mirip dengan aki basah, padahal peruntukannya sama πŸ˜€

      Suka

    1. jiaaaah -_-, joker concat, perempatan gejayan (ringroad) ngalor kan ono wit ringin. ke timur ikutin jalan aja sampe nemu gapura, gapura bablas terus. ntar timur jalan nyempil joker πŸ˜€

      Suka

  2. pak lek, nyuwun pencerahan. Kebo irengku (P220) umurnya baru setaun sebulan. indikator akinya sudah kedip-2, tak bawa ke beres, kata mengkaniknya, akinya dah mulai soak, malemnya, eh si kebo g mau stater, besoknya aki tak bawa ke tempat cas, di ukur, akinya cuma 12-an lewat dikit, akhirnya aki tak cass kebo langsung greng. .. cuma, besoknya indikator aki kedip lagi, seminggu dari situ, kebo g mau stater lagi, tak bawa ke beres, aki di cek, tegangannya nyampe 14, kata mengkaniknya, akinya over cass … disaranin untuk ganti aki, akhirnya karna g tau babalas pisan masalah pengapian kebo, kebo ganti aki (Rp. 435.700 — 😦 ) eh, besok malem pas ngidupin lampu, indikator akinya kedip lagi. iki pie to … nyuwun pencerahan pak lek …

    Suka

    1. coba dicek sendiri dulu mas akinya pake multimeter. copot akinya (kutub negatif dulu yang dilepas, baru positif, kalo pasangnya kebalikannya positif dulu yang dipasang). normalnya diatas 12,5v mas. kalo di bawah itu lebih baik ganti aki mas, ada kok aki kering gs/yuasa 12v/9 Ah cuma harganya 250ribuan kalo ga salah. mending pas di beres coba pinjem aki yang nganggur, kalo memang pake aki lain bisa ya wis wayahe ganti akine brarti mas.

      kalo pas aki diganti dicek 14v, brarti kiproknya yang kudu diganti juga. kalo ga salah kiprok pzzo versi striping lebih gede ukurannya daripada yang non striping πŸ˜€

      Suka

      1. kalo aki yamaha xeon itukan 3,5 ampere.YTZ5-S
        kl mau kapasitas amperenya di gedein pake yg merk apa mas? motorku ud pk kiprok tiger…

        Suka

  3. udah 10 bulan gimana sekarang kondisi akinya Mas Bro, soalnya denger2 itu GS banyak yan ggak awet, tolong di jawab ya mas bro, soalnya lagi galau juga nih mau beli aki, makasih sebelumnya dan salam kenal,..

    Suka

  4. mas bro kalo aki nggonanmu kuwi sing multipole dudu yo??? krungu2 aki type kuwi kutub positif negatifnya kebalik dibanding aki asline??

    Suka

  5. Wah sama mas,, minggu kemarin ke Denso nyari aki Sonic(India) bawaan Suzuki,, nggak ada. Akhirnya ditawarin merek A#*ron yang made in India juga,, Nyari Sonic karena awet bisa sampe 6 tahun,, sayang di sini nggak ada yg jual.

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s