Woalah, fuel consumption test ECE R 83-04 dilalahe based on EURO 2 to


Banyak pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar dengan berbagai metode, mulai dari muterin sirkuit, full to full (penggunaan harian), maupun yang lebih canggih ECE R 83-04. Pada dasarnya metode terakhir yang paling kerap digunakan berbagai pabrikan dengan alasan lebih berguna bagi pabrikan karena selain dapat mengetahui  konsumsi bahan bakar, juga dapat menampilkan berbagai informasi gas buang yang dihasilkan. Selain itu juga menghemat waktu serta biaya, IMHO.

Setelah googling, dilalahe metode tersebut merupakan metode standarisasi yang menganut EURO 2 (salah satu standar emisi yang dikeluarkan oleh Komisi Eropa pada tahun 1996 yang menjadi standar di berbagai belahan dunia). Kenapa bukan EURO 3,4,5,ataupun 5+ yang digunakan? Jan jane prosedurnya mirip, hanya saja ambang batas yang diperbolehkan diperketat. Di indonesia sendiri ada juga batasan emisi yang distandarkan, yaitu melalui Permen LH No. 04 / 2009 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Idealnya prosedur tetap mengacu pada EURO 2, akan tetapi batasan yang digunakan haruslah sesuai dengan peraturan pemerintah diatas.

Kalo ada keuntungan, pasti ada kerugian dong. Kerugian dalam testing seperti ini jelas parameter yang digunakan dalam pengukuran TIDAK seperti penggunaan harian. Beberapa parameter yang disebutkan dalam prosedur EURO 2, antara lain :

  • Tangki haruslah dalam keadaan bersih, dibersihkan dengan udara bertekanan
  • Kapasitas bbm yang digunakan haruslah 40% dari volume tangki keseluruhan ( +- 2% toleransi)
  • Bbm yang digunakan haruslah bersuhu 16 – 30 derajat Celcius
  • Lama pengujian : 1 jam pengujian
  • Pengujian berada dalam ruangan yang suhu dan airflow bisa diatur

Tidak jelas bbm jenis apa yang digunakan, tapi dugaan saya sesuai dengan kompresi motor masing-masing.

Jadi kalau klaim pabrikan tidak sesuai dengan harian ya harap dimaklumi, 4 jempol deh buat Om tri yang melakukan test ala anak jalanan dengan full to full, laen kali nyoba ah ngetest ala anak jalanan di cireng, si jambon, sama si helmi yang injeksi. Cuma karena terkendala doku alias duit jadi next time aja kali ya kalo ada rejeki (bayangpun tangki cireng kalau diisi full 20 liter, scoopy 4 liter, dan helmi 5,6 liter, bisa kere hore saya -_____-)

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

3 thoughts on “Woalah, fuel consumption test ECE R 83-04 dilalahe based on EURO 2 to”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s