Venturi karbu pulsar 200 ns lebih gede dari pulsar 200?? kok bisaa??


Coba deh cek spesifikasi pulsar 200 NS yang bikin booming semua orang, khususnya para pecinta monoshock, doube disc brake, dan radiator :mrgreen:. Terpampang diameter venturi karburator pulsar 200 NS ini cukup bengis, 33 mm beroo. Jelas ini jauh melebihi kakak2nya P180/P200 yang cuma 29mm dan p220 yang 32 mm. bahkan melebihi new scorpio yang hanya 30 mm.

Jreeng, si pembuat galau 

kenapa bisa beda, inilah jossnya 4 klep dimana bisa menyalurkan flow campuran bbm yang lebih lancar dibanding 2 klep. Untuk menghitung debit bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar tentu harus pake afr meter yang   harus bayar kalo ngeceknya :mrgreen:

cara murmernya bisa dihitung dengan menghitung luasan klep hisap. mengapa? Karena faktor ini menentukan debit bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar, debit ini menentukan jumlah banyak nya bahan bakar yang masuk. Rumus menghitung luasan klep melalui rumus :

A = phi / 4 x D x D

dimana

phi = 22/7 = hasilnya cek di kalkulator :mrgreen:

D = diameter klep in (klep hisap)

Untuk p200 diameter klep hisapnya sebesar 31 mm, jadi debit masuknya sebesar :

A= phi/4 x D x D
= 3,14/4 x 31 x 31
= 754,385 mm(kuadrat)

4 klep + 3 busi, perfect match. kenapa ga sekalian 4 busi ya :mrgreen:

Untuk p200 ns, diameter klep hisapnya belum diketahui. namun bila menilik klep fu standar (150cc) sebesar 23 mm rasa2nya klep hisap p200ns tidak jauh dari angka tersebut, yaitu 25mm (asumsi saya). bila dihitung dengan rumus yang sama, maka luas klepnya menjadi :

A= phi/4 x D x D
= 3,14/4 x 25 x 25
= 490,625 mm(kuadrat)

karena 4 klep dimana 2 klep hisap dan 2 klep buang maka nilai diatas dikali 2, hasilnya :

490,625 mm(kuadrat) x 2 = 981, 25 mm(kuadrat) 

buseeeeeet, jauh banget bedanya dibanding 2 klep meskipun ccnya sama. pantas bila butuh pasokan campuran bbm yang massive alias gedhi. ukuran klep segini bila pada penganut 2 klep, ukuran klep bisa dicari dengan rumus :

D = akar dari (A*4/ 3.14)

D = akar dari (981, 25*4/ 3.14)

D = akar (1250)

D = 35,35 mm 

Itu baru salah satu kelebihan yang membuat ngacir pulsar 200 ns. keuntungan 4 klep dibanding 2 klep yang lain ialah bobot total 2 klep yang gede2 dibanding bobot total 4 klep jauh lebih berat, sehingga untuk menggerakkan klep naik turun atau atas bawah akan membutuhkan waktu, efeknya akselerasi akan berbeda jauh dibanding menggerakkan klep kecil yang ringan. Meskipun jumlah klep kecil ada 2 biji, namun beban yang diterima pegas klep akan lebih ringan. yang artinya lebih monceer buat mak wuuuuuussssss. belom lagi bobotnya yang jauh lebih enteng dibanding cireng saat fulltank (20l vs 18 l) -___-.

Flow yang gede itulah juga mungkin penyebab ditanemkannya 3 busi di p200ns ini agar lebih optimal (mungkin :mrgreen:). Kenceng belum tentu boros, pulsar 200 ns contohnya. cc kecil power besar setara 250 cc 1 silinder, tapi klaim konsumsi bensinnya 58 km/liter (dengan syarat konstan 55 km/jam). sakti bener dah p200ns. Selamat galau everybadih :mrgreen:

technical specification si bengis :

199.5cc Single Cylinder SOHC Engine
Maximum Power: 23.4 BHP @ 9500 RPM
Maximum Torque: 18.3 Nm @ 8000 RPM
6 speed gearbox
Front brakes: 280mm Disc and Rear: 230mm Disc
Front Suspension: Telescopic forks with antifriction bush
Rear Suspension: Nitrox monoshock with a piggyback gas canister
Tyres Front and Rear: 100/80 R17 & 130/70 R17
Ground Clearance: 167mm
Wheelbase: 1363mm
Fuel Tank Capacity: 12 Litres
Kerb Weight: 145 kg

more air + more fuel + optimum afr + best combustion = best performance & less fuel consumption. thanks to hkuracing.com buat pencerahannya 😀

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

53 thoughts on “Venturi karbu pulsar 200 ns lebih gede dari pulsar 200?? kok bisaa??”

  1. loh itungane duduk koyo ngene
    luas lingkaran klepnya =3,14 x 15,5×15,5= 754,385 Hasil ini dikalikan 2 ( 2 klep ) =1508,77. Lalu untuk mendapat persamaan 1 klep, tinggal membalik proses, mencari diameter 1 klep, 567 / 3,14 = 480,5 , kemudian di akar kuadrat= : 21,92mm, ini masih jari-jari, kalau diameter ya berarti dikali 2 , = 43,8 dibulatkani 44mm. Hehehe.. gampang to.

    Suka

      1. Tapi gonjang ganjing sekarang harga part pulsar naik gan 2x lipat naiknya,katanya.,,,

        Suka

      2. emang naik 120% kok :mrgreen:, sekarang tinggal balik lagi ke pilihan awal. mau beli motor sebagai “investasi” atau kendaraan. lagipula sekarang idiom moge wanna be jadi makin kental bagi pengguna pulsar. 😀

        Suka

      3. Pas pandangan pertama ane kepincut sama si P200NS Chaiya’chaiya ini :D, skrang malah ragu karena 3S dan partnya yang harganya melambung tinggi…

        Suka

  2. ni motor bikin puyeng aja, underdog nie… lg pusing milih new viksyen atau honda teralis, eh direcoki sm pulsar… aplgi doi skrang udah kolaborasi dg ktm, yg mana aura duke kental banget… tau sendiri kan reputasi ktm di balapan? juara dunia motogp 125, juara dunia motocross, dll… ih ngeri deh? yg gak kesampean pngin beli ktm krn mahal bs pilih p200ns tuh… dg harga yg sangat terjangkau.

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s