Bawa seli naik transjogja? hayuuk :D


Trans Jogja

4 tahun sudah Transjogja melanglang buana menyusuri jalan jalan di jogja. Cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya mass transport di kota gudeg ini, antara lain :

  • lebih ngerasa aman dibanding menaiki kendaraan umum sejenis
  • nyaman dong (ac gitu loh :mrgreen)
  • tepat waktu (meskipun kadang kadang meleset, maklum jogja makin padat)
  • tarif murah(flat), cuma 3000 rupiah bisa muter keliling jogja πŸ™„

Sabtu kemaren iseng iseng nyepedaan dari rumah (kotagede) menuju prambanan. Emang udah diniatin sih, pokoe berangkat gowes pulang nyicip bawa latte ke dalam transjogja :mrgreen: (bukan males gowes balik lho ya). Itung itung nguji nyawa seli yang pada hakikatnya sebagai sepeda fleksibel (gowes kapanpun, dimanapun, siapapun). Start jam 5.30 pagi (kesiangan), nyampe di prambanan pukul 7.30.Β Biasa naik cireng dari rumah ke prambanan cuma 15 menit, eh gowes pake seli 8x lebih lama.

Selama perjalanan sempat berbarengan dengan sepeda2 gede mulai dari mtb, roadbike, fixie, bahkan sepeda balap :(. woooolah, dasarnya crank (gir depan) dan ban seli yang mini (20″), ya jelas keteteran lha wong 3x gowes latte = 1x gowes mtb. wusss, meskipun dengkul per menit (dpm)nya sama sama gowes, beda jaraknya jauh bener :(. makanya bulan depan kudu upgrade crank ke 52/39, 52 buat ngebut, 39 buat nanjak. Tentu kalo pake dualdrive kaya diatas harus nambah FD (shimano tourney wae biar matching sama yang belakang), dan shifter tentunya, tapi bulan depane meneh wae lah. Be aware, bulan depan ada seli balap :mrgreen:

Nyampe prambanan gan, lumayan cuma 1x mampir minimarket :mrgreen:

Lanjut, setelah nyampe di tkp kok rasane males nyari spot biar candinya keliatan (ada sih di belakang), akhirnya foto seadanya deh di pagar prambanan (yang penting nyampe prambanan :mrgreen:). Kelar foto-foto bentar, tinggal nyebrang ke terminal prambanan :mrgreen:. Begitu nyampe halte transjogja di terminal prambanan langsung deh tekuk sini, tekuk sana tekuk sini sampe si latte tertekuk rapi. Bopong seli seberat 10kg (kayanya) ke dalem halte ga begitu masalah, lumayan fitness dadakan :lol:. Begitu bayar njur masuk halte, langsung deh orang orang pada ngeliatin. wkwkwkwk, as i predicted before

Bis 1, hidrolik pintu bermasalah

Bis pertama datang dengan trayek 1a, lumayan wah nih. Kondisi bis masih mencling, AC ademm benerr dan ada tempat buat kursi roda (yang saya pakai buat naro si latte). Kebetulan pada saat itu lagi lumayan padet, alhasil ngalah berdiri deh biar yang lain bisa duduk, maklum bawa bawaan berlebih :mrgreen:. Sepanjang perjalanan cukup nyaman sih, hanya 1 yang rada buat risih yaitu hidrolik untuk menggerakkan kedua pintu sudah memble, hasilnya pintu ga bisa tertutup rapat. Sempet kebayang kalo belok kiri dalam kecepatan lumayan, para penumpang dekat pintu yang berdiri bisa terlempar keluar tuh kalo misalnya lagi ngantuk atau lagi ga konsen. sereem..

Bis 2, wealah tunggalane

Berhubung mau turun di area sgm, biar bisa gowes lagi ke rumah jadi transit dulu deh di halte bandara adi sucipto dan ganti dengan bis trayek 1b. Yang ini rada parah kondisinya, body bis dah lecet parah, lampu depan rada pecah dikit. Bener deh, begitu masuk, ac ga sedingin bis pertama, dan tetep hidrolik bermasalah. Mau ga mau kondektur harus ganjel dengan tangannya agar ga ngeblak ngeblak pintunya. Kebalikannya, di sini saya malah duduk nyaman lha wong penumpangnya sepi :mrgreen:

suasana dalam transjogja

Apa bener ya kata orang orang, “orang indonesia itu hanya bisa pakai, ga bisa merawat”. Tapi kalo saya sih ga percaya dengan ungkapan di atas. Jalan keluarnya ya yuk kita sama sama ngerawat fasilitas yang disediakan pemerintah sebaik-baiknya. Kalau baru 4 tahun aja dah kaya gini kondisinya, gimana 6 taun mendatang Β (kalo armadanya ga diganti)?

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

28 thoughts on “Bawa seli naik transjogja? hayuuk :D”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s