Niat baik ga selalu dibalas dengan hal-hal baik (Edisi Curcol :D)


Sugeng ndalu poro sedulur alias selamat malam :mrgreen:

Capek juga kelar bantu bantu eyang nyebarin leaflet tentang himbauan agar para pengendara motor maupun mobil tidak nyambi (sambil) SMS-an, BBM-an, TELEPON-an, CHATTING-an, pokoknya yang serba -an -an -an sewaktu berkendara. Because what? simpel sih sebenernya, biar tetep konsen berkendara. Eman dong mati sia-sia di jalanan gara gara hal hal yang orang nganggep dah biasa.

ni lho flyer yang saya bagikan bareng eyang dan kawan2 😀          (pic : eyang)

Jangan mentang mentang sudah dapat SIM A/B/C/dll jadi ngerasa “gueh dah pinter naek motor, jadi gausah ngurusin gueh deh. Motor motor siapa? HP HP siapa? masalah buat loh?”. Jan jane ya memang masalah buat loh, bayangin kalo situ sang pengendara yang doyan nyambi smsan sambil berkendara kenapa2 di jalan. Masih mending dikasih idup sama yang maha kuasa, lha kalo mati kasian keluarga anda bung. Belom lagi kalo gara gara eloh, di belakang loh dituduh jadi tersangka dan masuk penjara gara gara ga sengaja (maaf) nelindes eloh. Mati kok bawa2 masalah 👿

Inget bung, ente bukan kucing yang nyawanya katanya 9. Jiah, napa jadi logat arab campur betawi ya sekarang. Woke balik lagi ke judul, kenapa ada embel2 curhat? Disini poinnya. Banyak orang yang komentar “ngapain sih ji repot repot ngurusin masalah orang? Mau jadi polisi tapi ga kesampaian?“. Ga cuma sekali ucapan itu berulang terus, entah dari teman bahkan dari keluarga sendiri. Maklum tiap ada apa apa lapor ke pesbuk kalo ga nulis di blog ecek ecek ini :mrgreen:

Nahhhhh !! 1 dari jutaan kupret di jalanan 👿

Jujur, saya ga pernah punya cita2 jadi polisi dan tentunya ga mau berurusan dengan polisi :mrgreen:. Sama seperti anda-anda, saya cuma manusia biasa (jadi jangan anggap saya superman karena saya kurang ganteng seperti superman). Mengapa saya sok sibuk ngurusin masalah orang lain? Karena SAYA CINTA YOGYAKARTA. Pengen dong berkendara di jogja nyaman dan aman bagi warga jogja dan turis baik lokal maupun interlokal internasional. Kalau situ egois di jalan raya (smsan, ga patuh rambu lalu lintas, sruntulan, dll) gimana bisa aman dan nyaman nih kota. Terlebih akhir akhir ini makin mbludak pengendara mobil maupun motor di jogja :(.

Why? Because I love yogyakarta 🙂

Seberapa parah sih kondisi jalanan di jogja menurut para bule?? Bisa diliat disini (ada banyak review jalanan di jogja versi bule, googling deh :D). Beberapa yang saya tangkap dan saya artikan secara singkat, antara lain :

Traffic is a quite crazy with people crossing or turning unexpectately in the middle of the street. (lalu lintasnya geblek, banyak orang/kendaraan belok tiba tiba saat di jalan)

You have a damn good chance to get crushed by a truck? These roads are fraught with danger…hundreds of serious accidents daily (Mau ditabrak truk? Jalanan disini terlalu banyak bahayanya, ratusan kecelakaan bisa terjadi tiap harinya)

The place is too crazy, there are too many accidents, trauma sevices are not so good, and the helmets you get from rental people are more decoration than they would be effective if you fall on your head – and you can be pretty sure they have been dropped, or even been involved in a crash before. (wong edan kabeh :lol:, kebanyakan kecelakaan, helm yang kamu dapat dari rentalan motor seadanya (kebanyakan stiker, asli ngakak :mrgreen:))

dll dll

Ini baru sepotong, banyak hal hal lain yang dianggap sepele tapi justru bila dibiarkan bisa menimbulkan korban korban kecelakaan baru. Ga pake helm, lampu belakang sengaja dibiarkan tidak menyala, modifikasi merugikan diri sendiri dan orang lain, pindah jalur ga ngidupin sein, ga pernah nengok spion (bahkan ada yang spionnya dilipet malah ga dipasang :mrgreen:), ngidupin lampu jauh secara sengaja terus menerus, banyak lah. Memang sih bukan masalah buat saya, cuma berhubung saya sayang dengan para warga jogja, ga ada salahnya dong negur secara halus orang orang yang bermasalah seperti diatas. Toh saya juga itung-itung beramal :mrgreen:. Kurang kerjaan? LUWEH, coba dipikir siapa lagi yang mau nyadarin anda? Polisi dengan tilangnya? Keluarga (kayanya jarang deh)? Mempankah? Mungkin sebagian besar masyarakat indonesia baru akan sadar kalo sudah kejadian (kecelakaan). amit amit deh

Mirip kaya gini, cuma ga pake helm dan laki laki tua gemblung

Yang paling update barusan nih, pas lagi mau pulang ke rumah asli rada kesel gara2 pengendara MIO A# 27## #J warna gold yang seenak jidat telponan di jalan. Yang buat kesel nih orang sibuuuk bener kayanye dengan telponnya, naek motor seenak jidat juga. Aku ke kiri dia ke kiri, aku ke kanan dia ke kanan (bukan romantis lho ini :mrgreen:), pokoknya ngalangin jalan deh. Maklum di lajur kanan isinya bus sama mobil sedang jalannya hanya muat 1 bis 1 mobil. Diklakson panjang kaga nyaut, dikasih lampu jauh kaga nyaut juga. Sibuk sakpole 👿

Kejadian tersebut berlangsung hingga akhirnya bisa sejejeran dengan si kupret tadi. Mumpung ada sisa 3 lembar flyer yang saya bagikan tadi di saku saya. Langsung saja nyoh saya kasih 1 lembar flyer tadi ke si kupret yang masih sibuk telpunan. Tentu dengan jimat “Nyuwun sewu (permisi)” sebelumnya. Welahdalah begitu saya melewati si kupret, eh si kupret malah bleyer2 ga jelas. Daripada buat macet, yaudah saya ajak nepi dengan tangan kiri bergesture ngajak ke kiri. Begitu dah nepi malah disembur

A : kupret, B : saya

B : Maksude opo ki su?? (jadi inget seseorang kalo ada yang ngomong “su” :mrgreen:)

A : dengan santai saya bilang Ati ati mas ning ndalan, ojo telpunan. mending nepi riyin sedhela (mending nepi dahulu sebentar)

B : Yo karepku to su, montor2 ku dewe, hp hpku dewe.

A : masih dengan santai saya bilang hal yang sama diatas plus “banyak orang mati gara gara telpunan di jalan, saya pernah liat langsung soalnya”

B : kowe sing arep tak pateni po su? (kamu yang mau saya matiin po?)

A : Rada kesel dikit, dan tiba tiba

treeeeng teng teng teng, ada 1 ekor rx king dan 1 ekor revo dengan 3 pengendara gemblung lain dateng ke dekat saya seolah siap mengeroyok saya. Dengan situasi demikian, tentu emosi saya sebisa mungkin diredam (Kalah jumlah coy -___-). Dan salah satu dari mereka datang dan menanyakan (C)

C : wonten nopo mas? (Dengan ekspresi menyebalkan, seolah pengen bela temennya)

B : mboten nopo2 mas, cuma mau bilang jangan telponan di jalan

ehhhh si kupret (A) dateng dan nendang slebor cireng (semoga infeksi kakinya :evil:, cireng kan belom mandi sejak terakhir main ke kendal :mrgreen:) dan langsung nyolot tanya

B : Omahmu ngendi

A : dengan emosi yang berhasil saya redam, saya jawab gausah tau rumah saya, yang penting jangan smsan dijalan. tulung mas, soale banyak orang yang mati gara2 telponan

Dan si kupret dan gerombolan yang sama2 ga pake helm itu pun pergi, mbuh ngopo (gara gara pake box kali ya :mrgreen: #ranyambung). Dasar tua tua ababil gemblung!. Asli kalo tu orang sendiri pengen tak tempeleng pake snalpot cireng gara2 nendang cireng :evil:. Tapi apadaya, near miss death happened to me again dab 😦

Intinya, sesafety-safetynya anda di jalan masih banyak kupret yang ga sayang nyawa berkeliaran di jalan. So, be careful aja deh di jalan. Hindari emosi + egoisme di jalan. Bener kata orang tua saya, mending ngalah aja deh tinimbang berabe. Tapi itu ga akan nyurutin niat saya untuk tetap concern sebagai pemerhati lalu lintas kota Yogyakarta tercinta. Whatever people say something about me, pokoe LUWEEH :mrgreen:

Iklan

30 responses to “Niat baik ga selalu dibalas dengan hal-hal baik (Edisi Curcol :D)

  1. kudune le njawab gini mas..

    “TAPI IKI DUDU DALANMU SUU… MBAYAR PAJEK ORA KOWE”
    :mrgreen:

    #tapi nek aku sajake ora wani, lha 3 lawan 1 😀

    Suka

  2. Reblogged this on BLOGNYA TIGER ITEM and commented:
    Semakin jelas, bahwa perkembangan teknologi dalam bidang telekomunikasi seluler membuat orang lupa akan pentingnya kata SELAMAT, dan orang tersebut termasuk Golongan MORON se JAGAD RAYA

    Eyang turut mendoakan besok – besok Oragnya muncul di Harian Meteor Jogja, KR, Tribun atau Harjo.. dalam kondisi mengenaskan tentunya

    Suka

  3. koe sing tak pateni su… Hayah… gertak sambel banget…. xixixiiixi… kalau dedengkot preman beneran yang saya kenal gak maen ngomong macem2 mas… tau tau Udah nusuk aja…. muka jua kalem… gak pake pongah.. karena yang ber wajah diserem2in dan teriak nantang sebenernya takut dia…. apalagi kalo sendiri… sampeyan bawa kunci atau bawa helm ditangan Udah mikir 1000x koq buat nantangin

    Suka

  4. yuppzz,, bener banget tuh ,, diingatin malah marah , edan banget ya … hal yg gak boleh ditiru tuh smsan / telpunan sambil ngendarain motor …
    flyernya bol jug tuh ,, bagi dunnkk ..

    Suka

  5. kalau saya pribadi setuju dg himbauan spt ini bukan cuma karena saya cinta jogja, tapi juga krn prinsip : “kalau yg celaka pelakunya sendiri sih bodo amat, yg jadi masalah adalah jika ikut mencelakakan orang lain (yg sudah berhati-hati dan taat aturan).

    Suka

  6. sama mas, pake metic emang pada nyepelein orang lain smsan dan telponan semaunya sambil bawa motor…..saya sering marahin kalo sempet :)) ……
    ada yang terbalik percakapan A dan B yang pertama, broo….

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s