Plat Nomor “Lancer EX” Dul Palsu?


Sebelumnya saya ikut berbelasungkawa bagi para korban lakalantas di tol jagorawi beberapa waktu lalu. Terlepas dari siapa yang salah, hendaknya jangan serta merta menganggap hal seperti ini sebagai musibah (lagi). Kasian dong musibah terus yang disalahin. Ini adalah salah satu contoh fenomena yang mewakili perilaku kita entah itu orang tua maupun yang masih muda saat ini. Kalau diusut lebih jauh, yaa semuanya serba salah. Keluarga salah, penjaga tol salah, si Dulnya sendiri salah, dll dll. Intinya ya selama kita patuh akan aturan yang berlaku, semua hal negatif seperti lakalantas bisa diminimalisir. Tapi kalo memang nasib, ya apa mau dikata πŸ™„

mobil alB 80 SAL / B 805 AL sama sama ga ada tuh πŸ™„

Oke, mari kita bicara hal yang lain. Disini saya tekankan bahwa saya tidak mencari-cari kesalahan orang lain. Alasan utamanya adalah

  • Nggumun (kagum) dengan plat nomor bertuliskan BOS (berapa duit tuh ya :mrgreen: ).

Berhubung dispenda DKI Jakarta sudah online, langsung saja saya menyambangi situsΒ http://dpp.jakarta.go.id/info-pkb/. Dari situs tersebut dapat diketahui berapa nilai jual kendaraan serta besarnya pajak kendaraan bermotor (PKB), hanya dengan memasukan data Plat nomor Jakarta. Dari nomor plat mobil AL yang tertulis B 80 SAL, setelah saya input dan proses hasilnya nihil.

B80SALB 80 SAL, Nihil

Saya coba dengan B 805 AL (Dugaan saya, karena plat yang digunakan sudah dimodifikasi hingga kalau dibaca “BOS”), saya input dan proses hasilnya juga sama.

B805ALB 805 AL, Nihil juga

Mungkin websitenya eror kali ya, maka dari itu saya ambil data lain. Kali ini saya ambil data dari foto yang masuk ke masukbusway.com. Salah satu fast blog yang saya sukai dalam menunjukkan siapa aja yang “berhasil” masuk tv :mrgreen:. Disini saya ambil foto mobil kompas tv yang jelas saya dapat lihat plat nomornya dengan cara cropping πŸ˜†

mobil kompas tv masuk buswayKena deh :lol:, Courtesy :@marulasardi

Dicek di situs dispenda yang sama, hasilnya keluar tuh. yang artinya ga ada masalah dari situs dispenda DKI ini

kompas tv mobil pajakMahal juga ya πŸ™„

Nahlo…. Jadi nomor Lancer EX tersebut palsu? Mbuh, semoga juga diusut tuntas karena telah menyalahi UU lantas 22/2009 pasal 280 dan 68 ayat 1 yang berbunyi :

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (Lima ratus ribu rupiah)” (280).

Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (68:1).

Mengapa penting untuk dibahas?

  1. Karena bila ga dibahas nantinya orang bakal makin menganggap remeh aturan2 yang ada, ujung2nya pembenaran kalau ga sogokan :mrgreen: . Gimana POLRI khususnya POLANTAS punya wibawa, kalau hanya menganggap hukum tumpul diatas tajam dibawah.
  2. Pencurian kendaraan (ataupun kasus kriminal lain) dengan modus plat nomor palsu makin menjadi, lha wong ga tegas πŸ™„

Jangan sampai hilang ditelan ombakΒ seperti yang sebelum-sebelumnya, seperti yang pernah diulas oleh mas mitra

UPDATE
Ternyata saya salah masukin nomor, di panduannya disuruh masukin 4 digit :mrgreen:, dicek sih emang ada

plat dul

ternyata kudu B 0080 SAL, baru nongol :mrgreen:

Tapi soal modifikasi plat nomor, apakah dilegalkan, dan apakah asli platnya? πŸ™„

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

20 thoughts on “Plat Nomor “Lancer EX” Dul Palsu?”

  1. mantebh lek, meh arep njajal wis kedisikan blogger senior iki, josssssss
    peraturan bawah umur ga pake sim ga boleh kendarai kendaraan bermootor we dilanggar koq . po meneh mung plat nomer , payah

    Suka

  2. kudu B 0080 SAL

    berikut :
    Nomor Kendaraan B 0080 SAL

    Nilai Jual Rp. 322.000.000
    Bobot 1
    Dasar Pengenaan Pajak Rp. 322.000.000
    P K B * Rp. 4.830.000
    Jatuh Tempo PAJAK 23-12-2013

    Suka

  3. tambahan jg nih,.. di atas kan tertulis “( Isi 4 digit angka dan huruf besar )”.. jadi kalo masukin 1, 2 atau 3 digit angka gak akan keluar tentunya :mrgreen:

    Suka

  4. hahha bro.. ya jelas gak adalah … plat nomer pesanan atau yg cantik itu gak didaftarin di website itu… coba ente cek semua plat cantik pasti gak ada?? apa itu palsu?? hahahah lain kali lebih cermat lagi kalo mau posting

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s