Susah? belajar menghormati orang lain


Short post aja ya

Ada yang tahu fungsi klakson? Intinya sih buat alat komunikasi ke pengendara lain. Salah kaprah kalau klakson digunakan untuk mengintimidasi pengendara lain. Klakson sendiri biasanya digunakan hanya untuk memperingatkan pengendara di depannya bahwa kita akan mendahului kendaraan tersebut. Biasanya sih diawali dengan kedipan sein terlebih dahulu 🙄 .

toa lagi toa lagi toa lagi toa lagi

Selain itu juga bisa digunakan sebagai alat pemberi peringatan ke pengendara di depan atau di sampingnya. Bila memberi peringatan ke pengendara di depannya, apabila diklakson masih tidak menggubris biasanya dilanjutkan dengan menghidupkan lampu jauh (beam) sebanyak 2x kedipan. Biasanya pengendara yang diberi peringatan adalah orang2 yang tidak fokus saat berkendara, entah smsan, ngobrol, dll sehingga jalan di tengah2 lajur.

Nah bagaimana bila melakukan penambahan klakson selain standar pabrikan? Ga ada masalah asal tahu etikanya (seperti diatas) dan estetikanya. Menurut pandangan orang umum, hanya dengan melihat sekilas saja pikiran sudah menuju ke satu kata, arogan. Masih banyak rekan-rekan klub atau komunitas motor/mobil yang belum tahu etika berlalu lintas, dan cenderung egois saat berkendara. Entah melakukan “pengawalan”, “keperluan turing”, dan alasan alasan lain yang cenderung ke arah pembenaran diri sendiri . Sayangnya hal tersebut makin menjadi, tanpa ada kesadaran dari klub/komunitas untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Bisa ditebak berapa banyak orang yang belum pernah membaca UU Lantas no 22 2009, mungkin seharusnya saat membeli sepeda motor atau membuat sim diberi softcopynya kali ya :mrgreen:

toa lagi toa lagi

Notes : Postingan ini dibuat bukan untuk mengejek atau menghina “kreativitas” yang punya motor. Tapi hanya dibuat bahan renungan saja. Sumber : facebook

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

8 thoughts on “Susah? belajar menghormati orang lain”

  1. di indonesia, banyak yg klaksonnya berubah fungsi. bukan buat penanda/komunikasi, tp buat intimidasi…
    ada orang nyeberang, biarpun di zebra cross, bukannya dikasih jalan tapi malah diklakson panjang.
    lampu merah masih 3 detik tapi udah klakson…

    Suka

  2. jgn suka menjudge seseorang jika anda sendiri tdak mau di judge lagi, itu yg ngelakson mungkin dikarnakan terburu2, atau bisa jadi si penyebrangnya takut utk menyebrang, intinya kita saling waspada mas bro jgn ada yg saling menyalahkan satu sama lain, bersabar ketika berkendara jika tidak bersabar akan berakibat fatal, tertiblah berlalu lintas saling menghargai antara pengendara dengan pengendara, atau pengendara dengan penyebrang jalan.

    “always keep safety riding on the road & jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas”

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s