[First Sight] Astra Daihatsu Ayla X Elegant 2014


Rada telat sih, tapi ga apa apa daripada ga sama sekali . Meskipun sudah banyak seliweran di jalan, jujur baru sekali ini saya duduk di dalamnya :mrgreen: . Kali ini saya bakal mencoba duduk di dalam Astra Daihatsu Ayla X Elegant, dengan ciri pembeda dengan tipe lainnya yaitu adanya tambahan reflektor di belakang.

aluvimoto-ayla-x-depan

Dari depan tidak jauh beda dengan tipe X yang front bumpernya sudah terintegrasi dengan foglamp, perubahan terbesar jelas bisa dilihat dari bentuk front bumper. Karena tipe tertinggi maka jangan heran bila banyak ornamen chrome yang bisa ditemui. Bila diperhatikan dari bentuk grill yang besar dan desain yang membulat, jadi teringat sama Cherry QQ :mrgreen:

Untuk bagian samping, hampir tidak ada bedanya dengan tipe X, side body moulding chrome, door handle chrome, hinggavelg racing 14″ 6 spoke dan lebar ban 175/65 R14 juga tersedia di tipe X elegant ini. Perbedaan mencolok dibanding tipe X yaitu adanya sideskirt dan penambahan turning LED di spion.

Beralih ke belakang, langsung disuguhkan bentuk rear bumper yang sporty yang berpadu harmonis dengan paduan rearlamp dan extension rearlamp. Adanya rear spoiler membuat tampilannya menjadi sporty dan juga lebih safety karena ada lampu rem tambahan di spoiler tersebut. oiya ada 2 titik hitam di bumper menunjukkan adanya parking sensor di tipe ini.

Saat akan mencoba membuka pintu bagasi belakang saya cari cari gagangnya kok ga ada, ternyata harus dibuka manual dari dalam mobil (dibawah kursi pengendara, bersanding dengan tombol pembuka tangki bbm). Ga masalah sih, cuma rada merepotkan saja. Kapasitas saat bangku belakang tidak dilipat sudah lumayan luas, cukup lah untuk 3-4 tas travel. Bila masih kurang, tinggal lipat kursi belakang, dan tada makin gede bagasinya meskipun kapasitas mengangkut orang berkurang.

Masuk ke interior, saya mencoba di posisi driver terlebih dahulu. Untuk kualitas plastik dashboard ya plasticky banget, tapi cukup nyaman di mata terlebih dengan desainnya yang terlihat modern, ga masalah bagi saya. Desain speedometer cluster cukup ciamik, terlebih dengan adanya MID yang berisikan informasi penting seperti kapasitas bbm dalam tangki, jam, tripmeter, odometer, dan pengukur konsumsi BBM. Sayanganya indikator temperatur mesin hanya diwakili satu icon, jadi tidak bisa melihat suhu mesin secara realtime. Di tipe X elegant ini banyak sekali wood panel betebaran di mana mana, sebut saja di area sekitar head unit dan juga di seluruh area sekitar tombol power window (depan dan belakang 🙄 )

Head unitnya ciamik euy, sudah komplit euy ada Radio Tuner, CD player, AUX, dan USB. Support format WMA dan MP3 pula, ajib bener. Sudah tidak ada cassete player di head unit ini. Sayangnya belum tahu kualitas suara yang dihasilkan dari HU dan speaker ini :mrgreen: . Saat saya duduk di atas jok berbahan fabric, busanya tidak terlalu tebal tapi tidak terlalu keras, cukup nyaman lah. Yang kurang membuat saya nyaman adalah desain penopang kepala yang rasanya terlalu pendek sehingga mau ga mau selama mengemudi, pengemudi diatas 170cm harus siap siap pegel 😆 .

aluvimoto-ayla-x-interior2mentok euy T.T

Untuk posisi duduknya, untuk orang yang memiliki kaki tidak panjang rasanya bakalan nyaman ngendarainnya. Berhubung kaki saya panjang jadi agak kurang nyaman karena dengkul menyentuh dashboard 😆 . Bisa saja sih ga kena dengkul dengan cara memundurkan kursi, tapi jadi ga nyaman duduknya. Jangan harap ada tilt steering ataupun teleskopik, jadi ya harus pasrah sama keadaan. Visibilitas ke depan dan belakang cukup baik, ke samping masih seperti mobil mobil biasanya. Yaitu masih ada blindspot karena terhalang pilar A.

Saat beralih ke penumpang belakang, wih nyaman euy, leg room masih sisa banyak banget begitupula dengan head room yang tidak mentok dengan atap. Rasa rasanya mobil ini untuk mengangkut 5 orang masih nyaman sekali.

Dengan mesin D26F 1KR-DE 3 silinder 998 cc yang dapat menghasilkan tenaga 65 kW/87.1 Hp di 6000 rpm dan torsi 87 Nm di rpm 3000, rasa rasanya cukup lah dibawa baik dalam maupun luar kota. Stigma negatif terhadap mesin 3 silinder yang katanya lemot, berisik, dan ga kuat nanjak kayanya bakalan terbantahkan. Tersedia 2 transmisi, Manual dan Otomatis meskipun yang otomatis belum CVT sehingga tarikannya ya harap maklum rada lelet :mrgreen:

Untuk harga di jogja sendiri, Astra Daihatsu Ayla X Elegant ini dipatok pada 109 juta. Kata salesnya sih ada cashbacknya gatau deh berapa 😆

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

3 thoughts on “[First Sight] Astra Daihatsu Ayla X Elegant 2014”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s