[Review] Ford New Fiesta 2013, Hatchback Kece Amerika


Lama juga ga ngeblog, maap masih ada kerjaan (ciyee kerjaan) nyari nyari kerjaan πŸ˜† . Saatnya pemanasan jari jari lagi, jadi harap maklum kalau kali ini reviewnya cukup panjang xixixi.

Langsung aja, beberapa waktu lalu saya ditawari untuk mencicipi Ford New Fiesta oleh mas Andreas dari Ford Jogja. Berharap versi ecoboost 1.000 cc 3 silinder w/ turbo, ternyata versi 1.5 tipe Sport yang bisa diicip. Yawis gapapa lah, jarang jarang bisa naik mobil amrik xixixi :mrgreen: . Bila sebelumnya saya terkesima dengan urban SUVnya (Ford Ecosport), begitu dihadapkan dengan New Fiesta ini wew cukup lumayan kece diliatnya.

DESAIN

Aston Martin banget kan :mrgreen: , mirip banget sama DBS

Bagi yang pernah nonton filmnya james bond Casino Royale and Quantum of Solace, pasti ga asing dengan desain grill Aston Martin DBS yang dipake om james bond di film tersebut. Dengan grill baru ala Aston Martin, bisa dibilang perubahan dari versi 1600 cc ke 1500 cc ini cukup ekstrim, berubah drastis! Dilihat dari jauh, kesan garang dan modern terpancar dari mobil ini.

Grill depan ala Aston Martin ga hanya ada di mobil Ford New Fiesta lho, ada juga di Ford Fusion. Pertanyaannya, kok bisa??? Meskipun pernah memiliki brand Aston Martin, tapi di tahun 2007 Ford melepas Aston Martin ke tangan Kuwaitiy Investment Company (Perusahaan Inggris) seharga $945 juta. Grill Ford cenderung berbentuk trapesium segi 5, tapi secara garis besar sih ini grillnya Aston Martin Banget. Hingga saat ini masih banyak diperbincangkan, mungkin hak paten grill ala Aston Martin dimiliki Ford πŸ™„ . Mbuh lah

Dari samping velg 16″ dengan jari jari rapatnya cukup membuat tampilan hatchback ini lebih proporsional. Garis tegas di bagian sampingnya juga terlihat lebih sporty. Andai ada tambahan side skirt bakalan lebih wah lagi tuh πŸ™„

Beralih ke bagian belakang, ga jauh beda dengan fiesta sebelumnya. Bahkan bila dijejerin antara fiesta lama dan New Fiesta bakalan sulit kali ya dibedainnya. Di bagian belakang ini paling suka ngeliatin rear diffusernya, berasa sporty banget.Β  Sepintas malah ga keliatan knalpotnya :mrgreen: , bakalan tambah kece kalau ada muffler extensionnya.

INTERIOR

aluvimoto ford fiesta interiorEcosport versi all black :mrgreen:

Masuk ke dalam interior New Fiesta, bakalan berasa dejavu dengan ecosport. Bisa dibilang 99% mirip dengan Ecosport baik dashboard hingga peletakan tombol tombolnya. 1%nya? Beda di warnanya yang didominasi warna hitam. Tampilan serba hitam di New Fiesta ini semakin menguatkan aura sportynya. Sayangnya posisi shifter yang ada di tuas transmisi kurang begitu sporty, paling sip sih di belakang stir kaya mobil mobil balap gitu. Apa ini khas amerika ya? Soalnya di Chevy Spin juga di tuas transmisi :mrgreen:

Untuk kualitas interior boleh dibilang cakep banget dibanding kompetitornya di kelas yang sama. Duduk diatas jok kulitnya joknya setali tiga uang dengan Ecosport, nyaman! Ada pengatur ketinggian kursi yang dapat diakses dengan mengungkit tuas yang ada di samping jok. Cocok buat cewe yang biasanya mendelep/”tenggelam” kalo pas nyetir :mrgreen:

Jarak antara atap dan kepala masih jauh untuk saya yang memiliki tinggi 176 cm, masih ada jarak 4 jari lah. View ke depan maupun ke belakang khas hatchback, ceper alias rendah wkwkwk. Blindspot di pilar A masih muncul meskipun ada kaca kecil. Untuk pandangan ke samping dan belakang, spion retractablenya cukup luas jangkauannya. Ada garis antiblindspot juga lho di spionnya, jarang jarang nih. Meskipun ga ada warning/indikator seperti mobil premium, cukup lah buat perkiraan pandangan di samping.

Nyobain headunitnya, cuma nyobain FM radionya. Lupa nyobain syncnya euy, next time dah. Untuk penerimaan sinyal cukup apik, sama apiknya dengan output suara yang dihasilkan. Meskipun belum ada tweeter namun suara yang dihasilkan cukup balance antara treble dan bassnya.

DRIVING EXPERIENCE

Ini yang ditunggu, nyobain secara langsung as a driver. Rute yang diambil kombinasi antara jalanan sempit ala perkotaan, dan jalanan ala tol alias ring road (maklum di jogja ga ada tol :mrgreen: ). Di Ford New Fiesta Sport yang saya gunakan bertransmisi otomatis dengan kopling ganda. Kenapa ga yang manual? Dual clutch di transmisi AT ini yang saya penasaran rasanya begimana.

Untuk handling cukup nyaman meskipun setingan suspensi baik depan dan belakang yang cenderung medium. Saat melibas jalan berlubang mungkin agak terasa bagi yang terbiasa dengan mobil dengan suspensi soft. Tapi menurut saya masih dalam kategori nyaman dengan setelan suspensi seperti ini. Nilai positifnya? Pengendaliannya sangat presisi, arah gerak stir sejalan dengan arah gerak roda. Sangat terasa sekali manfaatnya saat ada belokan “patah” dan saat dibawa pada kecepatan tinggi.

aluvimotomesin ford fiesta

Performa? Derungan suara mesinnya nyenengin banget. Dari idle yang cenderung kalem, diatas 3000 rpm baru keluar suara gaharnya. xixixi. Di dalam kota saya menggunakan mode D sehingga ga perlu repot repot shifting. Dibawa di tanjakan secara otomatis “gigi” berpindah dengan sendirinya sesuai medan yang dilintasi. Nah saat di jalan bebas hambatan barulah saya memindahkan transmisi ke mode S dan memainkan shifter di tuas transmisinya.

Wihiii berasa lamborghini wkwkwk, shifting ala manual namun dengan jeda perpindahan “gigi” yang lebih cepat. Saat dioper “gigi” rpm tidak turun seperti di mode D, namun seperti sedikit tertahan di rpm terakhir sebelum perpindahan “gigi” dilakukan. 0-100 km/jam sepertinya masih di 10-12 detik, cukup terasa bedanya dibanding Jazz RS maupun Toyota Yaris lama yang pernah saya coba. Top Speed? Ga berani, lha bukan pembalap wkwkwk.

Yang menarik daya cengkram rem di fiesta ini lebih menggigit dibandingnkan ecosport yang pernah saya coba sebelumnya. Padahal dari basis yang sama lho πŸ™„ . Beralih menjadi passanger, untuk suara dari luar cukup kedap namun untuk suara ban dan mesin masih masuk. Disinyalir masih ada bagian yang kurang kedap di bagian firewall, mungkin sengaja biar terkesan lebih sporty kali ya πŸ™„ .Tapi dengan menghidupkan radio, ilang deh suara suara tersebut. :mrgreen:

FITUR

Bicara mobil amerika, fiturnya mbludak alias banyak banget dibandingkan mobil japun maupun mobil lain. Karena masih Completely Built Up (CBU)Β  Thailand maka jangan heran bila banyak fitur yang tidak dipangkas seperti halnya mobil mobil CKD. Karena Ecosport basisnya dari Fiesta maka fitur yang ada pun tidak ada yang berbeda. Hill launch Assist yang akan tetap mempertahankan posisi mobil saat pedal rem dilepasΒ  di tanjakan (AT only), bakalan jadi fitur yang sangat membantu bagi siapapun yang kesulitan berkendara di tanjakan khususnya saat macet.

Rain sensing & Auto Headlampnya juga jadi fitur yang jarang ditemui di kompetitornya. Ga perlu lagi ngutek ngutek tuas lampu dan wiper karena semua diatur otomatis menggunakan sensor yang ada di mobil ini. Electronic Power Steering Assistnya juga buat parkir makin mudah karena putaran stir akan dibuat seringan mungkin saat mundur. Sebaliknya saat kecepatan tinggi putaran stir akan menjadi berat sehingga stabilitas makin terjaga.

Nah yang paling wah tentu keyless entrynya, meskipun sudah jadi fitur umum di mobil kasta tertinggi. Namun boleh lah diapresiasi sebagai nilai tambah. Adanya tombol khusus membuka bagasi saat kondisi mobil terkunci jadi nilai wah lagi xixixi :mrgreen:

aluvimoto bagasi ford fiesta

Soal kapasitas bagasi, lebih dari cukup. masukin 4 travel bag sepertinya masih sisa banyak.

Overall hatchback di rentang harga 200-250jt ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang pengen stand out from the crowd, dan mementingkan fungsi tanpa harus mengesampingkan gengsi. Kalau disuruh nilai mungkin saya bakalan kasih nilai 8.5 dari 10 karena fitur melimpah dan performa yang diberikannya. Tinggal nunggu si ecoboost nih, kapan bisa diicip wkwkwk πŸ™„

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

11 thoughts on “[Review] Ford New Fiesta 2013, Hatchback Kece Amerika”

  1. dijalanan yang mulus dan lancar… fiesta termasuk sangat fun to drive setelah swift sport… cuma transmisi DSG agak dudul sama macet…

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s