Road to ODP Reg 39 Bank Mandiri ( I )


Aluvimoto.com. Sebenernya udah lama pengen publish ini semenjak disuruh ttd offering letter. Tapi setelah konsultasi dengan coach saya, akhirnya saya publish karena awalnya saya ragu apakah tulisan saya ini bersinggungan dengan aturan perusahaan. So let the story begin

Total waktu dari pertama kali saya apply di web bank mandiri hingga offering letter adalah 4,5 bulan. Lama ya? Emang πŸ˜† . Alasannya karena pada saat tes saya masuk di masa pemilu serta lebaran. Belum lagi program campus hiring yang rutin digelar kala itu. So, saya breakdown ya dari mulai interview awal hingga secara resmi diterima di bank mandiri yang bertagline teedepan, terpercaya, tumbuh bersama anda.

image

INTRO
Saya inget bener malem jumat saya apply di web bank mandiri (yang terintegrasi dengan jobstreet indonesia) tanggal 19 juni 2014 jam 11 malem. Jujur saya kala itu asik facebook yang disambi nyari nyari lowongan. Eh pas scrolling, ada kabar lowongan ODP Mandiri. Langsung dah saya kirim persyaratan standar untuk interview (cv khususnya), karena udah saya persiapkan sebelumnya alias tinggal upload doang wkwkwk :mrgreen:

INTERVIEW AWAL
Hari sabtu 21 juni 2014 siang pas saya lagi nyicipin sensasi mesin diesel chevrolet spin, dapet sms dari jobstreet disuruh interview awal di gedung sabuga oleh bank mandiri dengan selang waktu hanya 1/2 jam. Impossiiibru jogja ke bandung ditempuh dengan waktu secepat itu. Akhirnya pasrah aja dah tinimbang gelo, paling diblacklist.

Tapi apa yang terjadi selanjutnya? Pukul 16.00 saya disms kembali untuk interview di hari ke 2 namun di tempat dan hari yang berbeda.Minggu 22 juni 2014 pukul 8 pagi di kanwil 6 bank mandiri (Bandung-Batununggal). Panik! Sampe pengen bawa motor sendiri kesono karena kereta api,pesawat juga udah pada abis tiketnya, bis terakhir ke bandung jam 4 sore. Pokoe udah hopeless banget. Saya konsultasi dengan orang tua saya untuk berangkat ke sana atau tidak, bahkan sempet kepikiran bawa cireng kesana, tapi ditolak oleh orang tua saya dengan alasan keselamatan dan risiko capek. Yaudah akhirnya saya berinisiatif ke terminal giwangan ditemani bapak saya, barangkali ada bis bumel tujuan bandung. Alhamdulillah, ada bis kramat djati tujuan bandung yang masih nungguin penumpang sampe jam 6 sore. Dititik inilah petualangan hidup saya dimulai 😋

image

Nyampe terminal cicaheum jam 5.30 pagi. Dengan mata yang masih terkiyip kiyip dan ransel berisi cv dan pakaian kerja langsung dah mampir musholla shalat subuh sekalian mandi plus ganti baju formal. Lantas sarapan nasi kuning di sekitar situ dan dilanjutkan naik angkot ke batununggal. Sampe di kanwil 6 jam 7.30 masih sepi orang wkwkwk.

Interview baru start jam 10 pagi, untung udah makan sebelumnya. Ngeliat tampang rekan rekan jobseeker kebanyakan pada tegang, saya mah santai aja. Toh tinggal cerita kalo disuruh cerita πŸ˜† . Pertanyaan saat interview awal simple aja sih, intinya ngapain aja selama di kampus, hobby apa aja, plus minus pribadi seperti apa, dan mengapa pilih bank mandiri dan mengapa tertarik dengan program Officer Development Program. In English & Indonesia, suka suka interviewernya πŸ˜† . Saat interview saya bareng 2 orang orang hebat. Saya sempet down karena saya giliran ke 2 ditanyai. Kenapa down? Karena yang pertama kali ditanya bahasa inggrisnya wasweswos, pengalamannya banyak, dan juga prestasinya banyak. Saat gikiran saya, yaudah saya jelaskan apa adanya diri saya dengan tenang πŸ˜† .

Pengumuman baru diberitahu sore hari via sms & email, dan hamdalah lolos bro. Disuruh datang lagi ke tempat yang sama untuk tes TOEFL keesokan harinya. Oiya mengapa testnya di bandung? Karena saat apply di jobstreet, tempat tes gaada yang di jogja kala itu, adanya jakarta, bandung, dan kota lain (saya lupa). Ternyata disesuaikan dengan jadwal jobfair di kota kota tersebut. Yawis karena ada sodara di bandung, at least saya bisa menghabiskan waktu saya di bandung untuk beberapa saat hingga seleksi usai.

TOEFL
Hari senin 23 juni 2014 giliran test TOEFL. Standarnya ga main main brur, elit lah pokonya which means mahal vendornya 😁. Soalnya ya standar lah kaya test toefl biasanya. Pengumuman baru nongol seminggu berikutnya. Hamdalah lolos juga di seleksi ini, dan dilanjutkan dengan aptitude test. Di akhir email disuruh mempelajari contohsoal di shldirect.com . Pengumuman saya peroleh saat otw jogja by train. Ngapain balik jogja? Bawa cireng ke bandung, karena susah kalo kemana mana ga bawa motor di bandung mah πŸ˜†

APTITUDE TEST
Dengan lokasi yang sama (kanwil 6) tahapan ini menurut saya yang paling frustasi atas hasil yang saya kerjakan. saya lupa tanggal berapa karena sms pemberitahuannya kehapus wkwkwk. Yang jelas masih di bulan yang sama dan seminggu setelah premiernya film transformer 4. Soalnya setipe dengan yang ada di web shldirect.com. Kuncinya sih tetep fokus, teliti, dan bila ada yang susah tinggalin dulu. Mungkin ini pengganti psikotest kali ya, karena soalnya beda jauh tapi intinya adalah untuk menilai kompetensi diri kita. Saking pesimisnya saya dengan hasil. Pulang tes langsung nonton transformer4 😁 sendirian dengan baju kerja wkwkwk. Ben ra stres

image

Pengumuman paling lama nih, karena ada pemilu dan lebaran. Yah ada kali 1,5 bulan diPHP. Brlum lagi ada campus hiring yang jelas tambah banyak tugas HC. Karena tetap optimis, maka saya tunggu hingga hasilnya nongol tanpa daftar ke perusahaan lain. Pengumuman baru nongol 11 agustus 2014 via sms saat saya posisi di jogja. Dan test LGD Diadakan 12 Agustus 2014 di plaza mandiri. Dan kejadian berulang lagi, tiket pesawat abis, keretapun sami mawon. Akhirnya bumel lagi ! Tapi tetep aja dapetnya kramat djati tapi sayangnya ga ada tujuan jakartaΒ  mau gamau turun di cileunyi disambung pake primajasa.

Oiya selama nungu pengumuman saya keep in touch dengan rekan rekan kaskuser yang ikut seleksi. Update info gitu 😁 , dan di waktu senggang itu banyak mengeksplor kota bandung.

Di aptitude ni konon penentu masuk kelas mana antara regional atau nasional selain dari segi score TOEFLnya.

LEADERLESS GROUP DISCUSSION (LGD)
Ini momen paling mengesankan sekaligus memalukan. Ini kali pertama kali ke plaza mandiri. Yapp 12 Agustus 2014, dengan kondisi ga sempet mandi (macetnya masyaallah). Untungnya selalu siap tissue basah yang lumayan lah ra ngetok ngetoki nek rung adus ( ga keliatan kalo belom mandi) 😁. Saat itu ada 20 orang yang diundang, namun hanya 12 orang saja yang hadir.

LGD ini test yang paling asik menurut saya. Di tahapan ini intinya adalah harus mengekspresikan pendapat pribadi namun tanpa menjatuhkan pendapat orang lain. Dan lakukan peran yang didapat secara excellent. Karena ada dua peran disini, 1 orang jadi moderator, lainnya sebagai partisipan. Moderator tugasnya mancing2 pendapat dan membuat resume, partisipan ya harus berpartisipasi alias be active.

image

Dulu berangan2 bisa make nametag dengan foto sendiri, Alhamdulillah tinggal mengitung hari mimpi itu nyata

Yang perlu diingat tidak ada pemimpin disini alias ga ada yang mendominasi, ya kaya ngerumpi gitu deh jadinya. Namun kita diberi soal untuk dicari solusi terbaiknya.

Pengumumannya paling cepat selama tahapan seleksi. Jam 2 siang selesai, jam 3 langsung ditelpon untuk medical checkup esok harinya jam 6 pagi. Padahal kondisi saat itu saya lagi di stasiun gambir untuk pulang ke bandung wkwkwk. Untung belom beli tiket. Oiya dalam percakapan telepon tersebut saya disuruh gaboleh minum obat dan disuruh puasa 12 jam alias makan paling terakhir jam 6 sore.

Baca di kaskus sih disuruh minum bear brand biar sehat alias lancar tes MCUnya. Bah saya mah, cukup air putih aja yang banyak 😁

MEDICAL CHECKUP (MCU)
MCU di Klinik sahid sahirman belakang hotel sahid persis di jalan rasuna said. Cuma dicek darah, tht, jantung, dll konon mahal check up per orangnya. Lumayan lama juga soalnya ngantri sesama yang lolos seleksi.

Di tahapan ini lumayan banyak yang gugur, pengumumannya lama bangets. 1 bulan yang jelas mah. Dan dikabarin via sms

FINAL INTERVIEW (DIREKSI)
ini yang bikin dagdigdug. Saya diinterview oleh Senior Vice President Accounting Group pak Haryanto Soekandar langsung di ruangannya di plaza mandiri. Kebetulan beliau juga alumni UGM seperti saya, jadi saya diberi banyak wejangan oleh beliau. Saya awalnya grogi abis, karena takut ditanyain akuntansi wkwkwk. Soalnya background saya kan jauh dari ekonomi. Hamdalah yang ditanyakan seputar kesiapan serta mimpi bila diterima sebagai pegawai bank mandiri.

Pengumannya juga lama lagi,1 bulan 😁. Tapi tetap berserah sama di atas saja dan optimis dengan segala keputusan yang diberi. Dan hamdalah lolos juga. So dari +-6000 pelamar di interview awal, hanya diambil 5 orang yang lolos hingga Offlet.

OFFERING LETTER
Well finally tiba juga ttd kontrak pas di penghujung bulan oktober 2014,.Saya 2x sign Offlet karena angkatan regional 38 penuh, jadinya ikut angkatan 39 yang sama sama berisi orang orang yang luar biasa.

image

Yang jelas sih tiap kelas ODP rata rata isinya 30 ekor eh orang. Hanya kelas Regional 39 yang 22 orang doang, maklum special wkwkwk 😁
To be continued….

Posted from Aluvimoto.com for Android

Iklan

35 responses to “Road to ODP Reg 39 Bank Mandiri ( I )

  1. bro pengumuman setelah toefl brapa lama? dan ketik dikabarin untuk test aptitude brapa lama? mohon dbales ya gan.
    thanks

    Suka

  2. Mas Alu saya ikut tes toefl odp mandiri di bandung tanggal 23 Maret kemarin, tapi sampai saat ini belum ada pengumuman sms/email. Sedih. Kira2 saya lolos ga ya? Kalau tidak lolos apa ga ada beritanya? Saya belum sempat tanya2 kontak dan berteman sama rekan2 tes kemarin soalnya jadi ga bisa tanya ada yang sudah dikasih pengumuman apa belum. Mohon sarannya…

    Suka

    • Mas alu πŸ˜† . Memang untuk hasil, bagi yang ga lolos ga dikasitau info (cmiiw) , makanya saya selalu keep in touch sama rekan rekan baru selama tes atau nimbrung di forum online. Tapi coba hubungi HCnya langsung, saya dulu juga pas belom diberitahu info interview direksi langsung telpon HC mandiri, good luck ya πŸ˜€

      021 5245718
      021 5245726

      Suka

  3. Mas mau minta saran nih hehe, kemarin kan tgl 22 juni Test aptitude jogja, nah saya kan anak perantauan luar pulau dan udah mau lebaran, saya bingung nunggu pengumuman atau pulang ya mas? Saya kalau mau telpon hcnya tapi masih tahap aptitude sedikit malu mas karna tahapnya masih beberapa lagi, sebaiknya saya menunggu atau pulang ya mas? Terimakasih sebelumnya mas

    Suka

      • bro, ane udh sampe final interview via batch jakarta (web). nah habis itu ane lulus/direkomendasikan sm mandirinya… cuman udh 3 minggu blm offlet… kira2 HC nya php gak bro… kalau misalnya ane gagal knp gak langsung diberitahu aja ya pd saat FI tadi.. oh ya menurut lw bro sebaiknya kalau udh gini hub HC mandirinya atau keep waittung hehe

        Suka

  4. Halo mas kalo boleh saya tau sekarang peneptan dimana yah? Trs kl regional tuh ada kemungkinan penempatan di pulau jawa ga ya?

    Suka

    • saya ga belajar mas, isi sesuai kemampuan aja. lha contoh soal aja saya gapernah tau πŸ˜† . masi bahasa indonesia kok.

      tipsnya tawakal aja om πŸ™„

      Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s