Biasakan kaki kiri hanya untuk menekan pedal kopling saja ya gaes


Aluvimoto.com. Nyetir pake transmisi matic emang nyenengin, apalagi kalo didukung transmisi matic yang canggih seperti dual clutch nya ford, triptonic yang lazim digunakan banyak pabrikan, atau cvt yang smooth banget perpindahan “giginya” seperti xtronicnya nissan.

Selain bebas pegal, tentu lebih nyaman saat dikendarai, meskipun konsekuensinya konsumsi bbm akan lebih ngowos. Makin parah bila driving behavior yang kurang baik yakni :

Menggunakan kedua kaki pada kedua pedal yang ada (kanan-gas, kiri-rem)

image
Jangan pernah gunakan kaki kiri untuk ngerem, just dont!

Sepele memang, tapi kalo ga dibiasain bisa bikin bahaya lo gaes. Sudah jadi aturan non tertulis bahwasanya

Kaki kanan digunakan untuk mengoperasikan pedal gas dan rem

Mengapa harus? Simpel aja, saat gas dilepas otomatis terjadi deselerasi, ditambah dengan menekan pedal rem maka deselerasi makin bertambah. Sebaliknya bila pedal gas ditekan berbarengan dengan pedal rem (alias, ya dengan kaki kanan dan kiri) delerasinya minim sekaligus buang2 bbm.

Lah terus kaki kirinya ditaro dimana saat mengendarai mobil matic? FOOTREST :mrgreen:

Oiya, berbeda dengan transmisi manual, pada transmisi matic  biasakan menekan pedal rem terlebih dahulu sebelum menekan gas perlahan. Karena tanpa digas pun mobil akan melaju dengan sendirinya. Ga jarang banyak kasus pengemudi matic nyelonong saat parkir. Karena mungkin belom terbiasa atau malah ga tau cara operasional yang benar.

Posted from WordPress for Android

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

8 thoughts on “Biasakan kaki kiri hanya untuk menekan pedal kopling saja ya gaes”

  1. kasian dong kaki kiri dianggurin ๐Ÿ˜ฆ

    btw beberapa mobil matic gas sama remnya agak jauhan dan mungkin kalo satu kaki agak repot, jadi kudu pie? :3

    Suka

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s