4 hal yang harus anda ketahui dari All New Kijang Innova


Aluvimoto.com. Well, All New Kijang Innova yang bertagline legend reborn ini memiliki buanyaaak perubahan dibanding generasi sebelumnya (yang hanya ditambah bermacam2 garnish wkwkwk πŸ˜† ). Bicara kijang tentu ga akan lepas sama toyota, karena jauh sebelum avanza nongol di 2004, kijang jadi primadona bagi sebagian masyarakat indonesia. Nama Kijang sendiri merupakan akronim dari “Kerjasama Indonesia dan JepANG”.

Langsung aja kita bahas tentang 4 hal yang harus anda ketahui dari all new kijang innova ini :

Berubah luar dalam πŸ™„

wpid-screenshot_2015-11-17-17-50-02.jpg

Paling kentara adalah perubahan eksteriornya yang makin kekinian dengan menggunakan trapezoidal grill dan lampu sipit khas mitsubishi lancer Toyota. Desain seperti ini dimulai dari vios, menular ke yaris, altis, camry (soon), dan yang terbaru sebelum ini : grand new Avanza :mrgreen:

wpid-screenshot_2015-11-17-17-50-22.jpg

Kaca penumpang baris ke 3pun kini meruncing ke atas, jadi berasa aneh aja kalo diliat liat dari samping :mrgreen:. Bagian buritan kini juga berubah drastis dengan hadirnya stoplamp baru. Dijamin semua orang bakalan pangling dengan desain buritan yang menurut saya cakep banget. Di bagian headlight, untuk tipe Q sudah dilengkapi dengan LED Projector, sedangkan varian terendahnya yakni G hanya bermodalkan reflektor dengan bulb halogen seperti biasa.

wpid-screenshot_2015-11-17-17-50-49.jpg

wpid-screenshot_2015-11-17-17-50-53.jpg

Yang menarik adalah perubahan di interiornya yang berubah drastis, apalagi untuk varian tertingginya (Q). Banyak fitur fitur yang ga bakal ditemui di MPV lain. Lihatlah MID berupa LC D TFT & ambience light yang biasanya hanya ditemui pada mobil roti tawar ukuran jumbo :mrgreen: . Captain seat sih udah jadi hal yang biasa kali ya πŸ™„

Mesin Baru

Selain interior dan eksterior, Mesin pun mengalami perubahan

Bensin

Innova Performance_03_1

Sebetulnya mesin 1TR-FE ini yang digunakan hanyalah pengembangan dari mesin sebelumnya, hanya saja ditambahkan variable valve pada klep outnya (baca : dual vvt-i). Dengan dual vvt-i ini overlapping bisa diminimalkan sehingga kinerja mesin akan lebih optimal dan bbm yang terpakai juga ga terbuang secara percuma. Secara teori sih ngaruh “dikit”, kalo realnya kayanya sama aja πŸ˜†

Innova Performance_02_1

Diesel

Nah bagi yang menginginkanΒ  tenaga waw namun lebih irit bahan bakar, silahkan berpaling ke diesel. Sudah jadi rahasia umum jika mesin KD innova maupun hilux atau fortuner yang non VNT mudah untuk dikilik performanya. Nah untuk mesin GD yang baru ini tanpa harus diotak atik tenaganya berubah signifikan dari semula hanya 107 Hp kini melonjak jadi 144 hp dengan torsi yang kian melimpah menjadi 360 Ps.

Efeknya apa? gas dikit terbang πŸ˜†

Transmisi Baru

Kalo yang manual sih ga ada perubahan, seperti sebelumnya yang hanya tersedia dalam 5 speed. Namun yang paling baru ada di transmisi otomatisnya dimana toyota menyebutnya dengan “Toyota Sport Sequential Switchmatic”. Di transmisi ini, pengemudi bakalan lebih berasa seperti bawa mobil bertransmisi manual. Cocok bagi yang doyan overtake, selain dengan cara kickdown πŸ˜†

Image-Gallery-Innova1
Di varian G, jadi keliatan murah πŸ˜†

Satu hal lagi yang menarik adalah adanya mode Power dan Eco yang akan mengatur kurva pengapian maupun throttle response dari pijakan pedal.

Seharusnya pada mode Power, rasio power steeringnya akan berubah menjadi lebih berat seperti halnya lamborghini pada mode corsa. But it’s a MPV, what do you expect πŸ˜† ?

Harga Baru

Nah yang paling bikin waw adalah soal pricingnya. All New Kijang Innova ini hanya ada 3 tipe dimana G adalah tipe terendah (padahal dulu ada tipe J dan E). Dari sini aja sudah kelihatan bahwa toyota ingin mempersempit positioning dari Innova sebagai mpv kelas menengah. Masih ada gap antara Avanzxa dan Innova yang seharusnya bisa diisi satu produk lagi untuk kelas MPV, tapi sepertinya Toyota cukup yakin meletakkan Rush yang sudah dirombak beberapa waktu lalu untuk mengisi gap tersebut, meskipun berupa “SUV”.

wpid-screenshot_2015-11-17-17-52-00.jpg
kursinya empuk ya, jadi pengen meluk ibunya mbaknya πŸ˜†

Bagaimana dengan Nav 1 ? Meskipun harganya mirip mirip innova, namun pasar yang dituju jauh berbeda, sehingga kecil kemungkinan saling menggerogoti pasar masing-masing πŸ™„

Nah untuk tipe G gosipnya dijual 299jt sedangkan untuk yang Q limited (varian tertinggi) dijual hampir 400 jeti, sedangkan V akan bermain di range 320-360jt.Β  So, tunggu aja tanggal 23 November 2015 untuk press releasenya :mrgreen:

Anyway, sudah bisa DP lho di dealer toyota terdekat πŸ™„

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

5 thoughts on “4 hal yang harus anda ketahui dari All New Kijang Innova”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s