5 Alasan Yamaha Xabre 150 wajib dimiliki


Aluvimoto.com. Xabre, Sabre, Saber, Seber…. whatever it calls, si Yamaha Xabre 150 ini memang sengaja dibuat biar dilirik di jalanan. Show Stopper bahasa jawanya mah πŸ˜† . Awalnya ga pengen nulis si xabre ini, karena ekspektasi awal paling cuma R15 yang ditelanjangin, dikasih shock depan USD & undercowl nutupin mesin, dijual 11 12 sama R15 πŸ˜† . Tapi pas kemaren liat unitnya langsung cakep juga :mrgreen:

Β So, apa yang membuatnya menarik?

1.Upside Down dengan diameter gede dan SFF πŸ™„

Diamter piston/batang shocknya memang ga segede byson yang 41 mm (cuma 37 mm doang si xabre ini), tapi dengan adanya separated function fork (minjem istilah dari showa :mrgreen: ), ini yang membuatnya jadi waw. SFF ini artinya batang shock kiri dan kanan dipisah fungsinya antara kompresi danΒ rebound damping. Kelebihannya? bobot shock depan sendiri berkurang dibanding USD konvensional. Kok bisa? Karena tabung kiri hanya berisi ruang hampa udara, sedangkan yang kanan tetep pake per/spring. Persis seperti halnya USD dtracker 150 :mrgreen:

showa-sff-kawi-forks1 aluvimoto

Dengan SFF ini handlingnya lebih tajem karena daya redamnya yang baik (dan cepat) dibanding shock depan konvensional. Ga heran kalo di motocross dan moge moge sekarang pada pake beginian, bahkan bisa diatur secara elektronik lagi kaya di Yamaha FJR1300 πŸ™„ .

2. Feel Big bikenya dapet banget dibanding MT25

Entah cuma saya aja apa orang lain juga ngerasa bahwa MT 25 itu kurang MT yang terkenal garangΒ  πŸ™„ . Heran juga kenapa YMI ga menamai si Xabre 150 ini dengan MT 15 alias MTMTMTMTMTMTMTMTMTMTMTMTMTMTMT πŸ˜† . Dari tampang depan garang banget, meskipun kadarnya belom seganteng MT 125 dan bagi sebagian orang agak ga suka desain lampu ala klingon πŸ™„

MT 25 memang nyaman tapi biasa aja bawanya, lain pas nyoba duduk diatas Xabre, berasa gagah brur. Posisi duduknya mirip naik supermoto (mirip ktm duke malah πŸ™„ ) . Stang lebar, duduk tegak, joss pokoke. Mungkin karena desain tangki yang singset, belom lagi ditambah pendeknya buntut dibandingkan jarak wheelbase πŸ™„ . Starternya mirip MT07/09 lho!

OOT
How To Spell Xabre

3.SOHC kick in yo πŸ˜†

Lupakan debat tak berbalas berujung antara DOHC dan SOHC dimana DOHC katanya superior. Dengan mesin yang “murah” karena produksinya massal (lha husqvarna TE125, Rieju, dll juga pake basis mesin uyang sama), saya rasa ga ada masalah walau cuma SOHC. Toh selain SOHCnya, mesin ini banyak lo potensinya untuk dikilik thanks to diasil cylinder, offset cylinder, 4 klep yang gede gede , dll :mrgreen:

Selama ini ga ada kan yang ngeluh tentang performa atau malah konsumsi bbm dari vixion/mx πŸ™„ . Kalopun ngeluh paling cuma sebagian orang aja yang haus kecepatan tapi dengan dana pas pasan. Dengan sedikitnya komponen yang bergerak otomatis perawatannya jadi lebih mudah (dan murah :mrgreen: )

4.Ga ada lawannya!!

Sebagai First mover, pasar naked bike di range harga 25-25 jutaan ya hanya ini. Berkaca dari Nmax 150 lalu yang sempet diragukan lantaran harganya yang separo rivalnya, buktinya laku keras di pasaran. Kayanya Yamaha tau bener cara mapping konsumennya πŸ™„

Ini artinya pasar motorsport di Indonesia itu udah jenuuuh, pengennya yang simpel aja dan bisa diajak ngeceng di mall maupun di kopdaran πŸ˜†

xabre vale otolampung.jpg
csty : otolampung

“Kesan Pertama Begitu Menggoda” mungkin jadi kalimat yang tepat buat si Xabre ini πŸ™„ . Apakah akan laris? Trust me, orang indonesia itu didominasi orang konsumtif. Orang rela kerja ini itu cuma buat bayar cicilan motor. kaya saya πŸ˜†

5. Jaminan jadi artis dadakan di jalan

Paling ditanyain :

Ini motor apa?

Berapa harganya?

Motornya bagus ya

Gede banget mas motornya

dll dll πŸ˜†

Iklan

Penulis: Aluvimoto.com

dream achiever, pure motorcyclist, banker, food lover, motovlogger @ youtube "aluvimotocom" promosi & kerjasama email ke aluvimotoblog@gmail.com

13 thoughts on “5 Alasan Yamaha Xabre 150 wajib dimiliki”

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s