Serunya Safety Riding Course bareng Yamaha Riding Academy Jogja & Blogger motovlogger Jogja


src-yra-jogja-makan-siang

Aluvimoto.com. Ini adalah kali kedua saya mengikuti safety riding course (SRC) . Sejatinya SRC ini jadi syarat utama saat pembelian motor, namun tidak belum di Indonesia yang hanya bayar DP rendah, bayar angsuran pertamanya, langsung bisa dapet motor baru. Sedihnya lagi pembelian motor diperuntukan bagi usia muda yang bisa dibilang masih labil mentalnya. Kasih sayang orang tua memang besar bagi anak anaknya, tapi memberikan motor di usia yang belum berhak memiliki SIM apakah bijak?

src-yra-jogja-persiapan

Well, pada minggu 27 November 2016 kemarin saya bersama rekan blogger dan motovlogger jogja diajak untuk mengikuti SRC  yang diadakan Yamaha RidingAcademy Jogja.Begitu datang ke bagian barat stadion maguwoharjo langsung disuguhi beberapa motor yamaha seperti vega force, all new gt125, nmax, Xabre, MT25, dan R25. Bakalan seru nih 😂

materi src.jpg

SRC diawali dengan pendaftaran, pemberian materi kenapa harus berkendara secara safety di jalan, berapa angka kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya, apa saja etika dalam berlalu lintas, hingga dasar2 cara berkendara yang baik di segala kondisi. Semua dirangkum lengkap selama 2jam nonstop. Yakin deh seumur idup mesti pada belum pernah dapet riding course seperti ini.

Memang, SRC seperti ini seharusnya jadi CSR wajib bagi setiap ATPM sebagai bentuk edukasi beserta tanggung jawab moril, ga hanya jualan aja. Sejauh ini baru ada 3 SRC yang diadakan yakni dari AHM, YIMM, dan yang terakhir kawasaki (sayangnya hanya berlaku bagi owmner moge saja )

src-yra-jogja-nmax

maap keputihan 😆

Selesai materi, kita break sebentar dan langsung disuguhi “atraksi” chidori, yakni belok patah sesuai cone cone yang disediakan. Tapi bukan hanya atraksi, semua peserta wajib ngikuti gerakan tersebut! Ada yang rileks, ada yang masih kaku, tapi overall pada bisa semua. Kebetulan saya pake NMAX karena yang lazim saya gunakan, di samping itu saat belok patah dilarang mainan kopling dimana saya paling ga bisa kalo aturannya kaya gitu. Nyari amannya aja dah 😆

src-yra-jogja-mt-25

motor idaman, soon ya nduk 💡

Di praktek kedua, kita harus melewati cone yang disusun zigzag dilanjutkan dengan braking test. Nah braking test ini aturannya, kecepatannya max 30kmpj dan sewaktu di cone tertentu harus lepas gas dan melakukan braking. Kali ini pake MT25. Mumpung belom pernah nyicip Mt25 sekalian ngetes handlingnya. Tadinya mau ambil R25 yang udah dipasangin ban dunlop sportmax tapi pengalaman saya pake motor berstang jepit, dibawa patah patah bakalan repot sendiri, terlebih powernya juga gede. Main aman lagi 😆

src-yra-jogja-xabre

iki kacau tenan, lali rute 😆

Ketiga adalah lomba slalom, disini jiann saya K.O. bener. Udah PD ngajuin pertama yang eksekusi, eh gagal total gara2 ingatan saya yang kurang kuat ngapalin track. Alhasil kena pinalti banyak wkwkwk. Oiya disini saya menggunakan xabre yang handlingnya agresif banget, sampe ban depan selip beberapa kali gara gara salah ngegas.

Terakhir yakni penutupan yang disertai pembagian sertifikat SRC beserta penguman lomba slalom. Well, semoga makin banyak masyarakat di Indonesia, jogja khususnya yang ikut SRC seperti ini. Karena tanpa kita sadari, populasi manusia yang tak beretika saat di jalan raya makin banyak seiring pertumbuhan penjualan sepeda motor. Saya aja dalam sebulan ini ada 3 case yang bikin saya ngelus dada. Pertama jatoh sama nyonya gara2 ngehindarin orang linglung, 2 lainnya pas lagi berkendara roda 4, 2 mobil overtake ga pake etika alias main potong.

Untuk pengajuan SRC serupa bisa hubungi admin di facebook. YRA Jogja

Iklan

3 responses to “Serunya Safety Riding Course bareng Yamaha Riding Academy Jogja & Blogger motovlogger Jogja

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s