Uniknya reversed engine 


bmw-g-310-r-images-96

Aluvimoto.com. BMW G310 series memang salah satu motor dengan konstruksi mesin yang unik. Bisa dilihat posisi header knalpot justru dibawah seat pengendara, sedangkan intake berada di depan. Air filter pun berubah posisi di depan tangki dan posisi tangki pun bergeser ke belakang sehingga mendekati center of mass (titik tengah beban) . Layout seperti ini tidak lain untuk meningkatkan performa mesin karena udara langsung dihembuskan ke cylinder, selain itu juga untuk meninglatkan manuver saat dipakai berkendara.

yz450f_pipe_motor

yz450f-2012

udah nongol duluan di taun 2010

Sebenarnya layout seperti ini sudah ada di era 1930, untuk mesin 4tak pertama kali diterapkan triumph bonnie t100. Dan loncat ke 2010 Yamaha merilis motorcross (mx) di yz450f dengan ciri khas looping di ujung knalpot. Makin lama reversed engine ini turun ke yz250f tahun 2012, dan terakhir tahun ini giliran motor enduro WR450R yang kebagian reversed engine namun untuk header knalpot sendiri, mengelilingi kepala silinder (disebutnya snaking pipe 🙄 )

wr450f-2016

keliatan bantet ya mesin yz450f

2014_yz250f_off-road_straight-intake-design

2012 turun ke yz250f

Kenapa unik? Karena kalo diliat secara jelas, kepala silindernya malah serong ke belakang, ga seperti motor2 biasanya yang cenderung miring ke depan. Konstruksi head cylinder ini guna menunjang penggunaan offset cylinder yang membuat tenaga lebih tersalurkan (minimizing friction loss). Kalo offset cylinder biasanya sih bisa ditemui di karisma 125, blade series, vixion, mx, hingga nmax 🙄 . Desain kepala head ini juga membuat aliran udara di depan makin melimpah, terlebih posisi throttle body yang hampir menghadap ke bawah (downdraft).

 

2014_yz250f_off-road_fuel-tank-sits-low-in-the-frame

Tangki jadi lebih rendah daripada toptube

2014_yz250f_off-road_reversed-engine-head

knalpotnya tetep di belakang 🙄

 

Selain itu handling pun makin baik karena mass centralisationnya bener bener di tengah. Masih ingat byson, kenapa pipa knalpotnya meliuk meliuk di bawah frame, atau pulsar 200ns/ duke series, atau er6 series knalpotnya pada di kolong. Kurang lebih tujuannya seperti itu. Handlingnya makin manteb.

Ini masih 1 dari puluhan konstruksi mesin yang unik yang bisa ditemui di dunia. Besok kita bahas yang lain yess

Iklan

2 responses to “Uniknya reversed engine 

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s