5 hal yang perlu disiapkan sebelum PENTUR / TRABAS


Aluvimoto.com . Trabas / Pentur alias adventure makin lama makin banyak sejak kemunculan klx series . Nah dengan munculnya CRF150L tentu bakal lebih semarak lagi, terlebih kebanyakan yang saya temui hobby pentur ini favorit para petinggi Polri dan TNI πŸ™„ . Dan biasanya hadiah utamanya berupa motor trail dengan hiburan dangdut :mrgreen:

Tapi jangan salah, pentur ini meskipun kayanya cuma naik motor trail di track antah berantah, tapi termasuk olahraga berat. Jangan heran banyak yang wafat karena keletihan atau serangan jantung saat pentur. Berikut tips dari saya apa aja yang perlu disiapkan sebelum pentur :

1. Kondisi badan

Yang namanya pentur, yang dikuras habis selain keringat yakni stamina. Olahraga ringan tiap hari seperti pushup, situp, mauoun lari lari kecil akan membantu stamina biar selalu fit. Lakukan setiap hari ya biar ga drop πŸ˜‚

2. Body position (bopos) dan riding techniques

Bopos ini juga perlu bagi anda yang baru mulai pentur. Kalo yang udah biasa sih, secara reflek langsung menyesuaikan sesuai medan, baik tanjakan turunan maupun melewati genangan air.

Riding technique alias teknik riding juga perlu dipelajari dan diterapkan setiap hari. Ga bisa asal geber di atas tanah, karena bakal bikin selip dari ban bahkan hingga kampas kopling πŸ™„ .

Untuk melintasi tanjakan atau genangan, jangan mainkan kopling (1/2 kopling). Cukup mainkan gas agas tidak mati mesinnya πŸ˜‚

Berikut ebook riding tips dan riding position yang bisa dibaca. (Kalo saya tulis disini bakalan panjang πŸ˜‚ )

3. Motornya juga perlu dipersiapkan dong πŸ˜‚

Kalo motor baru ya tinggal servis berkala dulu sebelum dibawa pentur. Tapi untuk motor lawas ya kudu dicek semuanya baik suspensi, kaki kaki, kelistrikan, hingga daleman mesin. Kan ga lucu tengah tengah pentut di hutan, motor trouble πŸ˜‚. Yang paling sering kerjadian ya kampas kopling habis.

Tire stopper wajib hukumnya di dunia pentur. Fungsinya saat ban dikempeskan untuk mendapatkan grip maksimal saat melaju diatas pasir 😁

4. TOOLKIT Sederhana dan obat pribadi

Kalo toolkit bawaan cuma kunci busi dan obeng, jangan lupa bawa kunci 8,10,12,13,14,17, tang kecil, serta pompa tangan πŸ˜‚. Oiya bagi yang biasanya minum obat, jangan lupa dibawa ya. Kalau motornya haus oli atau memang 2 tak, siapkan juga oli samping. Waist bag alias tas pinggang serbaguna cukup buat akomodir kebutuhan itu semua πŸ™„

5. Air minum

Ini wajib ain harus ada, karena saat menjalankan ibadah pentur keringat bakalan berucuran. Kalo sudah punya tail bag bakalan enak naronya :mrgreen:

Mungkin itu aja ya yang perlu disiapkan, kalo menurut anda sebelum pentur bawa apa lagi?

Iklan

Menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s